Ini 10 Peristiwa Astronomi Paling Ditunggu di Tahun 2021 (Bagian 2)

Ini 10 Peristiwa Astronomi Paling Ditunggu di Tahun 2021

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Peristiwa Astronomi Paling Ditunggu di Tahun 2021 - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Ia akan mencari tanda-tanda bentuk kehidupan di masa lalu atau masa kini, dan menguji teknologi baru untuk misi berawak di masa depan.

Dan pada bulan April, robot pendarat dan penjelajah Tianwen-1 milik China akan bergabung. Misinya ialah mencari kantong air di bawah permukaan dan meletakkan fondasi untuk misi pengembalian sampel ke Bumi di masa depan.

Badan Luar Angkasa Nasional China akan menjadi badan antariksa kedua setelah NASA yang mendaratkan misi di Mars.

6. Hujan Meteor

Tunggulah sampai Desember untuk menyaksikan hujan meteor Geminid.

Setiap tahun, langit memberi kita beberapa hujan meteor yang merupakan "pemandangan luar biasa", kata astronom di Royal Observatory Greenwich, Inggris, Greg Brown.

Saat Bumi menempuh jalur orbitnya, ia melewati awan debu yang ditinggalkan oleh berbagai komet dan asteroid di Tata Surya.

Ini adalah kabar baik bagi kita, karena saat puing-puing ini menghantam atmosfer Bumi, ia menimbulkan lintasan cahaya cemerlang di langit malam.

Cara terbaik untuk menikmati 'kembang api alami' ini ialah menunggu sampai lewat tengah malam, pada malam puncaknya, dan pergi ke suatu tempat dengan polusi cahaya sesedikit mungkin.

Semakin banyak langit yang dapat Anda lihat sekaligus, semakin baik, jadi bersiaplah untuk berbaring di tanah dan menunggu.

"Dengan cukup waktu, dan sedikit keberuntungan, Anda dapat melihat hingga satu meteor setiap satu atau dua menit saat puncak hujan meteor, dan sebagai bonus, mata Anda yang telah menyesuaikan dengan kegelapan akan dapat melihat bintang-bintang musiman yang indah di latar belakang," kata Brown.

"Pada 4 Mei, hujan meteor Eta Aquariid akan mencapai puncaknya, yang merupakan satu dari dua hujan meteor yang dihasilkan oleh Komet Halley yang terkenal," kata Brown.

Hujan meteor berikutnya adalah Perseid (tanggal 11 Agustus), tetapi untuk penampakan meteor terbaik di tahun 2021 kita harus menunggu hingga akhir tahun.

Hujan meteor Geminid (13 Desember) "dihasilkan oleh puing-puing asteroid dan bukan komet, sehingga meteornya kerap memiliki warna yang kuat karena pembakaran elemen di atmosfer kita dengan cara yang mirip dengan kembang api," kata Cokelat.

Dan jika Anda ingin mempersiapkan diri untuk tahun 2022, tuliskan Quadrantid di buku harian Anda, karena ini akan mencapai puncaknya dalam beberapa hari menjelang Tahun Baru.

7. Gerhana Bulan Total

Pada 26 Mei, Bulan akan terhalang oleh umbra gelap Bumi - dengan kata lain, akan tertutup bayangan planet kita.

Mereka yang mengamati dari Lingkar Pasifik (wilayah geografis yang mengelilingi Samudra Pasifik) akan dapat menyaksikan gerhana bulan total ini secara maksimal.

Tempat pengamatan terbaik adalah Hawaii, karena ini akan terjadi ketika bulan berada tinggi di langit mereka pada tengah malam - sementara daerah di utara dan selatan hanya akan dapat melihat beberapa tahapan gerhana sebelum bulan terbenam melewati cakrawala.

8. Gerhana matahari cincin

Pada 10 Juni, Bulan akan membayangi Matahari - tapi ini tidak akan menjadi gerhana biasa.

Pada kesempatan ini, Bulan akan berada di jarak lebih dari 404.300 km dari Bumi, yang berarti bayangannya tidak akan cukup besar untuk menutupi Matahari sepenuhnya.

Namun demikian, ketika Bulan lewat di depan matahari, "cincin api" akan tetap terlihat.

Ingat, Anda tidak boleh melihat langsung ke Matahari. Namun dengan pelindung yang memadai seperti kacamata gerhana, Anda akan dapat mengamati fenomena yang tidak biasa ini dari Kanada, Greenland barat laut, Siberia timur laut… dan semoga di mana pun di dunia - melalui internet.

9. 'Dua planet berhadapan'

Karena semua planet di Tata Surya mengorbit mengelilingi Matahari, ada kalanya Bumi mendapati dirinya berada secara langsung di antara Matahari dan planet lain: inilah yang oleh para astronom disebut sebagai "oposisi".

"Planet terdekat dengan Bumi kelihatan dengan mata telanjang, tetapi saat kedua planet 'berhadapan' menjadi peluang terbaik untuk melihatnya," kata astronom Dhara Patel dari Royal Observatory Greenwich.

"Saturnus dan Jupiter akan saling berhadapan pada tanggal 2 dan 20 Agustus," kata Patel, mereka juga akan berada "paling dekat dengan kita dalam setahun ini".

Jika Anda punya teleskop (juga patut dicoba dengan teropong binokular), ini adalah kesempatan Anda untuk melihat ke arah ekuator, sekitar pukul 1 pagi "untuk mengamati pita Jupiter dan cincin Saturnus dalam wujudnya yang paling berkilau," kata Patel.

10. Peluncuran James Webb Space Telescope (JWST)

Jika ada peristiwa yang membuat para astronom gelisah - itu adalah peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb, atau disingkat JWST, yang direncanakan pada 31 Oktober.

Setelah sebulan melakukan perjalanan untuk masuk ke orbit "dan proses pelepasan yang rumit karena teleskopnya terlalu besar untuk dipasang di roket tanpa dilipat dengan rapi, ia akan mengantarkan era baru dalam penelitian astronomi infra-merah," kata Royal Observatory Greenwich Astronom, Ed Bloomer.

Ini sangat menarik karena akan memungkinkan para ilmuwan untuk "menyelidiki asal-usul bintang dan galaksi kuno, proses pembentukan planet, evolusi galaksi, dan banyak lagi," imbuh Bloomer.

Tidaklah tepat menganggapnya sebagai pengganti Teleskop Luar Angkasa Hubble yang sekarang sudah berusia puluhan tahun, tetapi "ia (JWST) mewakili generasi berikutnya dan akan bekerja keras membantu komunitas astronomi internasional dalam tahun-tahun mendatang," kata Bloomer.

Mudah-mudahan JWST akan memberikan gambar-gambar baru yang "barangkali sebagus yang selama ini kami hasilkan dalam astronomi infra-merah, dan ke depannya akan lebih baik dari itu," kata sang astronom.

Related

Science 2852728633931754188

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item