Inilah Orang yang Menciptakan Video Games Pertama di Dunia


Naviri Magazine - Ralph H. Baer, lahir 8 Maret 1922, adalah seorang Jerman yang tinggal di Amerika sejak kecil. Menjadi insinyur televisi yang saat itu masih jarang, Ralph menciptakan sebuah permainan di televisi yang ia kerjakan sekitar tahun 1966, di perusahaan bernama Sanders. 

Penemuan itu dikembangkan hingga menjadi prototipe konsol game pertama yang dinamakan Brown Box, dan dipatenkan pada 1968. Paten ini telah mendapatkan banyak ujian, yang hingga kini masih tercatat sebagai video games pertama. Paten ini dilisensi oleh Magnavox Oddysey, yang menjadikannya sebagai game konsol pertama di dunia pada 1972.

Tidak lama kemudian, Baer juga menemukan kontrol pistol untuk video games yang bisa dimainkan di televisi, juga merupakan yang pertama di dunia, digunakan di Magnavox Oddysey.

Ralph Baer tetap bekerja di Sanders hingga pensiun pada 1987. Sejak 1983, Baer bersama kawannya menciptakan beberapa peralatan permainan di bawah nama MicroPROS Technology Solutions. 

Baer juga merupakan anggota senior seumur hidup dari perkumpulan insinyur IEEE. Atas kontribusinya terhadap perkembangan dunia dan teknologi, Ralph Baer mendapatkan National Medal of Technology dari George Bush pada 13 Februari 2006, atas penemuannya yang memulai era industri video game.

Related

Technology 2006850103272986381

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item