Kasus Corona Belum Selesai, Pakar Dunia Khawatir Ancaman Pandemi Virus Nipah


Naviri Magazine - Selain virus corona (Covid-19), para ahli kesehatan di dunia khawatir dengan ancaman pandemi akibat virus Nipah.

Dilansir Irish Times, nama virus itu berasal dari nama sebuah kampung di Malaysia, Sungai Nipah.

Virus itu menyebar pertama kali di Malaysia pada 1999. Diduga hampir 300 orang tertular virus itu dari kawanan babi yang terinfeksi.

Babi itu diduga sakit karena terjangkit virus Nipah, setelah menyantap sisa buah yang dimakan oleh kelelawar dari famili Pteropodidae yang membawa virus itu.

Wabah itu berakhir setelah sekitar satu juta ekor babi dikorbankan. Namun, jumlah orang yang meninggal akibat terjangkit virus itu mencapai 109.

Akibat wabah virus Nipah, pemerintah Malaysia melarang ada pohon yang bisa berbuah berada di dekat peternakan babi. Sejak itu, virus Nipah seolah lenyap dan tidak ditemukan bukti ada penularan langsung dari hewan kepada manusia.

Kasus infeksi mirip wabah virus Nipah lantas muncul di Bangladesh pada 2004. Diduga hal itu terjadi akibat penduduk yang mengkonsumsi kurma atau sari kurma yang mengandung air liur atau urine kelelawar.

"Kami menduga virus Nipah menular kepada masyarakat Bangladesh selama beberapa dekade," kata pakar wabah dari Universitas Negara Bagian Montana, Dr. Raina Plowright.

Dilansir Times of India, wabah itu juga merebak di Negara Bagian Kerala, pada 2018. Saat itu ada 23 orang yang terinfeksi virus itu, 21 di antaranya meninggal.

Orang-orang yang tertular virus Nipah akan mengalami gejala sakit pada saluran pernapasan, demam, pusing, dan merasa bingung. Yang paling mematikan adalah virus itu bisa memicu pembengkakan otak.

Pada Maret 2020, Koalisi untuk Persiapan Epidemi (CEPI) mengucurkan anggaran US$25 juta untuk penelitian dan uji klinis vaksin virus Nipah terhadap manusia.

Yang dikhawatirkan oleh para ahli adalah virus itu sangat mudah menyebar dan sampai saat ini belum ditemukan penawar atau vaksin. 

Related

News 5679721357057229726

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item