Pajak Mobil Nol Persen: Harga Daihatsu Ayla dan Toyota Agya di Bawah Rp 100 Juta


Naviri Magazine - Wacana pajak mobil nol persen juga kembali muncul menjelang akhir tahun. Jika diterapkan, harga mobil baru di Indonesia akan terjun bebas, termasuk untuk mobil yang mengisi segmen termurah Low Cost Green Car (LCGC). Harganya, kemungkinan besar akan kembali seperti ketika pertama kali diperkenalkan tujuh tahun lalu. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyeyujui wacana relaksasi pajak mobil baru seperti dikutip Bisnis, Rabu, 30 Desember 2020.

Jika pemerintah memang jadi memberlakukan pajak mobil nol persen, menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), harga on the road mobil baru bisa turun sekitar 20 hingga 40 persen. 

Dengan demikian akan banyak model terisi di rentang harga Rp100 juta hingga Rp200 juta yang merupakan segmentasi tergemuk berdasarkan daya beli masyarakat Indonesia.

Namun wacana ini, masih terganjal di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani menolak usulan untuk membebaskan pajak pembelian mobil baru pada Oktober 2020 lalu.

Sementara itu Agus saat konferensi pers di Jakarta, Senin, 28 Desember 2020, lalu mengungkapkan Kemenkeu saat ini dalam proses penghitugan.

"Ini yang kami usulkan sudah dilaporkan ke Presiden, memang Kemenkeu masih dalam proses hitung menghitung karena mereka merupakan bendahara negara yang tentu punya penilaian sendiri," kata Agus. 

Adapun LCGC adalah mobil pertama yang dibebaskan dari PPnBM. Apabila pemerintah merelaksasi pajak lainnya hingga nol persen, berikut daftar rentang harga  LCGC:


Varian teratas Ayla dijual dengan rentang harga sekitar Rp102 juta hingga Rp160 juta on the road wilayah DKI Jakarta. Apabila diberikan relaksasi pajak tambahan, model ini kemungkinan akan dilego dengan kisaran mulai dari Rp80 juta-an. 


Kembaran Daihatsu Ayla ini kemungkinan bisa dipatok dengan kisaran harga Rp90 juta

3. Daihatsu Sigra

LCGC tiga baris penumpang ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp119 juta-an. Relaksasi pajak tambahan akan membuat harga mobil ini mulai dari Rp95 juta. 

4. Toyota Cayla

Dengan tambahan relaksasi pajak, MVP entry level dari Toyota ini bisa dipasarkan dengan harga mulai dari Rp119 juta-an. Saat ini Toyota membanderol Cayla pada rentang harga Rp147 juta-an hingga Rp165 juta-an. 

5. Honda Brio

Varian paling bawah Honda Brio saat ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp146 juta. Dengan demikian relaksasi pajak tambahan akan membuat mobil terlaris ini kemungkinan turun menjadi kurang dari Rp120 juta. 

6. Suzuki Karimun

Mobil LCGC yang paling tidak populer ini dipatok dengan harga on the road Rp120 juta hingga Rp150 juta. Relaksasi pajak tambahan akan membuat harga LCGC pabrikan Suzuki varian paling rendah kurang dari Rp100 juta. 

Related

News 8766313819726035308

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item