Tinggalkan 5 Cara Berpikir Ini, agar Kamu Bisa Mempelajari Hal Baru


Naviri Magazine - Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap orang dituntut untuk dapat mengembangkan kemampuannya. Hal tersebut akan sangat berguna untuk keberlangsungan hidup karena dunia yang juga terus berkembang ini. Namun tidak semua orang mau melakukan hal tersebut.

Hal itu karena rasa malas yang terlalu kuat sehingga dapat mendorong seseorang untuk tetap berada di zona nyaman. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kamu bisa mudah dalam mempelajari ilmu baru. Untuk penjelasannya, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Selalu takut untuk bertanya ketika tidak tahu

Pepatah pernah mengatakan bahwa "malu bertanya, sesat di jalan". Hal tersebut sebanding lurus denganmu jika senantiasa mengelola rasa takut untuk bertanya ketika sedang buntu. Cobalah untuk membuang pola pikir tersebut karena hanya akan menyesatkanmu.

Apa yang kamu takutkan dengan tidak mau bertanya padahal diri sedang kebingungan? Tidak perlu takut ataupun malu jika orang lain gak mau menjawab pertanyaanmu. Percayalah bahwa rasa takut yang terus dikelola hanya akan menyebabkan keinginan untuk tidak mengetahui hal baru.

2. Selalu menganggap dirimu adalah yang terbaik

Salah satu problematika seseorang yang sulit mengembangkan diri adalah ketika menganggap bahwa dirinya itu terbaik. Hal tersebut akan membuat rasa canggung dalam diri saat ingin mempelajari sesuatu yang baru. Apakah pola pikir tersebut ada di dalam dirimu?

Jika iya, alangkah lebih baik hal tersebut dibuang jauh-jauh. Ingatlah pepatah pernah mengatakan bahwa di atas langit masih ada langit. Stop menganggap diri sendiri paling baik jika kamu ingin mempelajari hal baru yang dapat menunjang kehidupanmu.

3. Terlalu mengedepankan gengsi untuk mempelajari hal baru

Selalu mengedepankan gengsi adalah salah satu pola pikir yang harus diubah jika ingin mudah mempelajari hal baru. Biasanya rasa gengsi itu muncul karena kamu tidak mau terlihat bodoh di mata orang lain karena bertanya terkait hal dasar. Ingatlah bahwa setiap orang itu memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Tidak perlu gengsi jika meminta orang lain untuk mengajarimu terkait hal-hal baru. Percayalah bahwa seorang ahli pasti pernah mengalami masa-masa mempelajari mulai dari awal. Cobalah untuk membuang kebiasaan gengsi tersebut agar kamu mudah mendapatkan skill baru.

4. Selalu merasa senang ketika berada di zona nyaman

Seseorang yang sulit berkembang itu biasanya dia terlalu merasa senang ketika berada di zona nyaman. Memang zona nyaman merupakan sebuah tempat di mana kamu bisa merasakan kebebasan tanpa tekanan. Namun percayalah bahwa hal tersebut akan menjadi bumerang untukmu suatu saat nanti.

Jangan terlena dengan kenyamanan yang kamu rasakan saat ini karena di depan sana ada banyak cobaan hidup. Mulailah untuk beranjak dari zona nyaman agar kamu bisa dengan mudah menghadapi segala jenis rintangan yang ada suatu saat nanti.

5. Tidak mau memulai pembicaraan dengan orang baru

Tidak hanya dari buku, kamu juga dapat mengembangkan kemampuan dengan cara berinteraksi di lingkungan sosial. Percayalah bahwa di luar sana banyak orang hebat yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk dapat mengembangkan diri. Untuk mewujudkan hal itu, kamu harus berani memulai pembicaraan dengan orang baru.

Ingatlah bahwa kamu akan mendapatkan informasi jika mau berkomunikasi dua arah. Jika berkenalan dengan orang baru saja tidak berani, lalu bagaimana kamu bisa mengembangkan kemampuan? Jangan malu untuk berinteraksi dengan orang lain selama mereka tidak merasa terganggu.

Kelima pola pikir buruk di atas harus dihilangkan jika kamu bisa mudah dalam mempelajari hal baru. Berubah mulai sekarang yuk sebelum terlambat!

Related

Tips 4373206262541130230

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item