Apakah Gusi yang Turun Bisa Tumbuh Kembali? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Gusi turun merupakan konsekuensi serius dari kesehatan mulut yang buruk dan dapat menyebabkan kehilangan gigi. Ada berbagai pengobatan yang tersedia, bergantung pada tingkat keparahan hilangnya jaringan. Semakin dini didiagnosis dan diobati, semakin baik hasilnya.

Gusi turun tidak dapat tumbuh kembali karena gusi tidak seperti gigi. Gusi turun dapat diobati oleh dokter gigi melalui beberapa pengobatan. Penanganan yang dilakukan oleh dokter gigi bergantung dari beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti tingkat keparahan resesi gingiva serta penyebab dan jenis resesi gingiva itu sendiri.

Terdapat dua macam terapi yang bisa diberikan, yaitu secara bedah dan non-bedah. Pada kasus yang ringan, dokter gigi akan melakukan perawatan dengan scaling dan root planning. Perawatan ini biasanya dikombinasikan dengan pemberian antibiotik jika memang diperlukan.

Kombinasi dari tindakan non-bedah dan menjaga kebersihan gigi serta mulut dapat membantu mengatasi resesi gingiva. Namun jika kondisi penurunan gusi cukup mengganggumu secara estetik, kamu memerlukan tindakan bedah.

Untuk kondisi yang lebih parah, akan dilakukan pembedahan pada gusi (soft tissue graft). Salah satu prosedur bedah yang sering digunakan adalah connective tissue graft yang menggunakan jaringan lunak pada langit-langit rongga mulut. Selanjutnya jaringan tersebut dipindahkan ke bagian gusi yang mengalami penurunan.

Related

Health 1562155522370229938

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item