Cara Mendapat Uang dengan Park Domain, dan Langkah-langkah Melakukannya (Bagian 1)


Naviri Magazine - Internet adalah sebuah dunia yang bisa dikatakan mirip atau hampir sama dengan dunia nyata kita, hanya saja berbentuk maya. Jika masyarakat di dunia kita adalah orang-orang yang berlalu-lalang di atas bumi, maka masyarakat dunia maya adalah orang-orang yang terhubung dengan internet setiap harinya dari seluruh dunia. 

Jika kita membangun rumah, toko, kantor atau perusahaan di atas tanah, maka orang-orang di internet membangun rumah atau domisilinya melalui e-mail, dan mereka mendirikan kantor-kantor atau toko dan perusahaan melalui domain. 

Jika kita di dunia nyata melakukan aktivitas bisnis dan perdagangan dengan menggunakan toko, warung ataupun supermarket dan swalayan, maka di internet semua aktivitas itu terjadi di tempat yang disebut website atau situs.

Karenanya, jangan heran kalau di internet pun ada istilah ‘tuan tanah’. Definisi ‘tuan tanah’ di internet tidak jauh beda dengan definisi ‘tuan tanah’ yang ada di dunia kita. Kalau tuan tanah di dunia kita berarti memiliki lahan atau tanah yang amat luas atau ada dimana-mana, maka tuan tanah di internet pun memiliki banyak domain dengan berbagai macam nama. 

Nah, kalau tuan tanah di dunia kita dapat menjadi seorang yang kaya-raya jika menjual tanah-tanahnya, begitu pula tuan tanah di internet. Sebuah lahan tanah di dunia kita bisa berharga amat mahal jika berada di tempat yang ramai atau strategis, begitu pula ‘tanah’ (domain) di internet bisa memiliki harga yang luar biasa mahal jika berada di tempat yang strategis.

Apakah Anda tertarik ingin berinvestasi dengan modal yang ringan namun memiliki kemungkinan keuntungan yang amat besar? Kalau ya, maka investasi dalam bentuk Park Domain dapat dijadikan alternatif pilihan. Apa yang disebut sebagai Park Domain ini adalah kepemilikan atas suatu nama domain di internet.

Jadi, secara mudahnya seperti ini gambarannya: Anda hanya perlu memiliki (membeli) sebuah domain di internet dan memberi nama bagi domain tersebut. Anda tidak perlu menyewa hosting, tidak perlu memahami bahasa pemrograman HTML, bahkan Anda tidak perlu mengisi content atau isi halaman. 

Yang Anda perlukan hanyalah memiliki sebuah domain dengan nama yang telah Anda tentukan, misalnya www.situshebat.com (atau nama lain yang Anda inginkan, yang Anda rasa bagus untuk digunakan).

Nah, kemudian, Anda jadikan domain Anda tersebut sebagai park domain, yaitu Anda menyewakan domain milik Anda tersebut sebagai tempat parkir bagi domain-domain lain. Nantinya, Anda akan memperoleh pembayaran yang dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung situs atas link yang telah diparkirkan di domain milik Anda tersebut. Uang itu dibayarkan dari para pengelola situs yang memarkir link situsnya di domain Anda.

Mengapa ada orang (pengelola situs) yang mau memarkir atau memasang link situsnya di domain Anda? Hal itu bisa terjadi apabila nama domain Anda merupakan nama yang bagus serta sering dicari oleh para pengakses internet. 

Jadi, para pengelola situs yang memasang link di domain Anda tersebut berharap situsnya dikunjungi oleh orang-orang yang masuk ke alamat domain Anda. Jadi di sini yang menjadi nilai lebih dari domain milik Anda adalah nama domainnya yang dianggap sebagai nama yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet.

Nah, memiliki suatu domain dengan nama yang bagus juga akan memungkinkan Anda untuk menjadi kaya-raya dalam waktu singkat, khususnya apabila ada pihak-pihak yang berminat dengan nama domain Anda dan berniat membelinya.

Di internet, ada cukup banyak kisah mengenai pembelian suatu domain yang melibatkan uang jutaan dolar hanya karena nama domain yang bagus. Situs www.business.com terjual seharga 7,5 juta dolar karena memiliki nama yang dianggap bagus dan si pembelinya kebetulan menginginkan nama domain itu. 

Begitu pula dengan www.loans.com yang terjual sampai 3 juta dolar karena alasan yang sama. Padahal, pemiliknya dulu hanya menggunakan dana yang minim untuk memiliki domain dengan nama-nama itu.

Karenanya, apabila Anda berminat untuk memiliki investasi yang bisa dibilang bermodal ringan namun memiliki kemungkinan keuntungan yang besar, Anda dapat memilih alternatif ini, yakni memiliki domain di internet. Yang perlu Anda lakukan di sini hanyalah membeli sebuah atau beberapa buah domain, lalu memberinya nama yang bagus dan kemudian memarkirkannya di beberapa alamat situs yang ada di internet.

Baca lanjutannya: Cara Mendapat Uang dengan Park Domain, dan Langkah-langkah Melakukannya (Bagian 2)

Related

Internet 8122582700551486267

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item