Gorengan Bercampur Plastik, Enak dan Renyah tapi Sangat Berbahaya


Naviri Magazine - Adanya campuran plastik dalam minyak goreng akan mempengaruhi kadar gizi yang ada dalam ayam goreng tersebut. Karena pemanasan ulang akan merusak molekul-molekul dalam plastik dan bercampur dengan minyak goreng, sehingga minyak goreng akan terkontaminasi. 

Minyak yang terkontaminasi akan diserap makanan (ayam yang digoreng) sehingga mengurangi nilai gizi makanan.

Dalam proses menggoreng, minyak berfungsi sebagai medium pengantar panas, penambah rasa gurih, nilai gizi, dan kalori bagi makanan yang digoreng. 

Dengan sistem menggoreng deep frying, yang umumnya digunakan masyarakat Indonesia, juga pemakaian berulang minyak goreng dan pencampuran minyak goreng dengan plastik, akan mengubah asam lemak tidak jenuh menjadi asam lemak trans, yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. 

Selain itu, pemanasan berlebihan akan mengubah asam lemak tidak jenuh menjadi gugus peroksida dan senyawa radikal bebas yang bisa menimbulkan kanker. Karena itu, biasakan menggoreng dengan suhu tidak terlalu tinggi.

Minyak bercampur plastik bersifat lebih kental, mempunyai asam lemak bebas yang tinggi, serta berwarna cokelat kehitaman. Beberapa penelitian pada hewan percobaan menunjukkan, pemakaian minyak secara berulang dapat menyebabkan gejala karsinogenik dan berbagai penyakit. 

Selain itu, ada tiga jenis asam lemak berdasarkan panjang-pendeknya rantai asam lemak, yaitu yang rantainya panjang (long chain trigliseride/LCT), rantai sedang (medium chain trigliseride/MCT), dan rantai pendek (short chain trigliseride/SCT).

Minyak dengan rantai karbon pendek dan sedang dapat langsung diserap oleh tubuh tanpa melalui proses cerna yang berbelit-belit. Langsung dibawa ke hati untuk diubah menjadi energi untuk meningkatkan fungsi kelenjar endokrin, organ, serta jaringan-jaringan tubuh. 

Maka dari itulah kandungan gizi pada makanan yang digoreng dengan minyak bercampur plastik akan berkurang, bahkan menghilangkan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh. Selain menghilangkan kadar lemak yang penting bagi tubuh, juga akan menimbulkan senyawa-senyawa berbahaya yang merupakan senyawa karsinogenik.

Related

Health 5079826912810926300

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item