Hati-hati, Masalah Pada Gigi Bisa Menyebabkan Stroke dan Penyakit Jantung


Naviri Magazine - Karang gigi yang dibiarkan juga bisa menyebabkan penyakit stroke dan macam-macam penyakit jantung. Penyakit ini disebabkan karena mikroorganisme dari plak atau karang gigi yang masuk ke dalam jaringan darah. 

Akibatnya terjadi penyumbatan pembuluh darah, yang menyebabkan penyakit stroke dan jantung berpotensi tinggi.

Umumnya, orang menganggap giginya sudah bersih dengan menggosok gigi pada pagi dan malam hari. Dengan menggosok gigi 2 kali sehari, sebenarnya belum cukup untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan gusi. Hasilnya akan lebih maksimal jika menggosok gigi setiap sesudah makan, daripada menggosok gigi pada pagi dan malam hari.

Akan tetapi, orang-orang sering malas untuk melakukan sikat gigi setiap sesudah makan. Akibatnya sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan akan mengendap hingga menjadi plak, atau karang gigi yang membusuk. Alhasil, napas kita bisa berbau tidak sedap, apabila kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan sisa-sisa makanan agar terhindar dari timbulnya karang gigi yaitu menggosok gigi setiap sesudah makan pada seluruh bagian rahang mulut dan bagian dalamnya, berkumur menggunakan cairan obat antibakteri, periksa seluruh pojokan gigi setiap setelah makan daging, gosoklah gigi atas dan bawah pada bagian dalam, dan rutin gosok gigi sebelum tidur.

Itulah mengapa jadi hal penting untuk rutin memeriksa kondisi gigi ke dokter gigi. Agar kita tahu pasti apakah gigi sudah bersih dan sehat atau belum. Jangan menunggu sakit baru mencari dokter, lebih baik mencegah penyakit daripada mengatasi penyakit.

Jika sudah terbentuk karang gigi, Anda bisa konsultasi pada dokter ahli gigi secara intensif.

Related

Health 1475116005437410286

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item