Ini 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Penyakit GERD Kambuh


Naviri Magazine - Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan (re-flux), disebabkan katup lambung tidak berfungsi optimal.

Penderita GERD hampir pasti adalah penderita maag. Tandanya dilihat dari adanya kerusakan sel mukosal (esofagus), yang berarti terjadi reflux berlebihan, dan jadinya sakit.

Berikut adalah 5 kebiasaan yang menyebabkan GERD kambuh:

Makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat (mengunyah sebentar dan langsung telan) menyebabkan katup lambung dan kerongkongan melonggar, sehingga asam lambung jadi naik. 

Makan sambil mengobrol

Makan sambil mengobrol, sehingga udara ikut masuk bersama makanan, membuat tekanan dalam lambung meningkat

Ngemil terlalu sering

Ngemil terlalu sering menyebabkan katup lambung tidak istirahat dan terus menerus terbuka, dan meningkatkan tekanan terus menerus dalam lambung, sehingga asam lambung naik ke atas. 

Konsumsi makanan yang sulit dicerna

Saturated fat dan serat tidak larut air (insoluble fiber), seperti dari protein hewani (contohnya daging sapi) lebih susah dicerna, sehingga butuh waktu lebih lama untuk melewati katup antara lambung dan kerongkongan. 

Stres berlebihan

Stres bisa memicu asam lambung naik lebih cepat, dan juga membuat hormon tidak seimbang. Akibatnya, kita cenderung makan lebih banyak dan terus menerus, sehingga kemungkinan GERD lebih besar.

Related

Health 5329520344147517916

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item