Ini 5 Tips untuk Mencegah dan Mengatasi Keluhan Gusi Berdarah


Naviri Magazine - Gusi merupakan salah satu bagian pada organ mulut yang sangat penting. Salah satu masalah yang sering dialami oleh organ gusi adalah sering berdarah. 

Gusi yang sering berdarah tentu sangat mengganggu. Keluhan ini dapat mengganggu aktivitas Anda mengunyah makanan, karena rasa sakit yang timbul. Untuk itu, Anda perlu untuk memahami bagaimana cara pencegahannya.

Menggunakan obat kumur

Salah satu penyebab gusi berdarah karena adanya bakteri pada mulut. Dengan menggunakan obat kumur, akan membantu membunuh bakteri tersebut.

Minum air putih 

Air putih sangat bermanfaat untuk tubuh, tidak hanya untuk mencegah serangan berbagai penyakit, membantu metabolisme tubuh, namun juga bermanfaat membersihkan gigi. 

Ketika Anda meminum air putih, sisa makanan pada gigi akan dibersihkan. Sisa makanan inilah yang sangat mungkin menimbulkan keluhan plak di gigi.

Hindari makanan terlalu panas dan dingin

Makanan atau minuman yang paling baik adalah yang suhunya normal alias tidak berlebihan. Jika Anda menyukai minuman dingin, hindari mengonsumsi minuman yang terlalu dingin hingga membuat gigi ngilu. 

Sebaliknya, jika Anda menyukai makanan panas, hindari yang terlalu panas dan baru diangkat dari wajan. Tunggu sebentar, hingga suhunya hangat.

Menggunakan sikat gigi lembut

Jauhi sikat gigi yang menggunakan bulu kasar dan tajam. Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut dan fleksibel. Selanjutnya, cara menyikat gigi juga harus perlahan, dengan cara memutar, agar tidak menimbulkan abrasi pada email gigi.

Mengelola stres

Anda juga harus memahami bahwa kesehatan mental yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik atau jasmani kita. Untuk itu, kelola stres dengan sebaik mungkin. Stres yang terkelola akan menurunkan kadar hormon kortisol yang memicu radang.

Apabila gusi berdarah terjadi terus-menerus, sebaiknya segera kunjungi dokter.

Related

Tips 1430416639593219607

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item