Ini 8 Planet yang Terus Beredar dan Mengelilingi Matahari


Naviri Magazine - Dalam sistem tata surya terdapat planet yang berjumlah delapan planet. Planet-planet tersebut mengelilingi matahari yang merupakan tata surya paling besar. Setiap planet yang bergerak atau beredar mengelilingi matahari dalam gerak revolusi atau pergerakan planet-planet.

Gerak revolusi setiap planet berbeda-beda dan dalam waktu yang teratur. Mereka juga memiliki lintasan tersendiri. Sehingga planet-planet tidak saling bertabrakan.

Planet yang terdekat dengan Matahari memiliki waktu revolusi yang paling cepat. Sementara planet yang terjauh dari Matahari akan memiliki waktu revolusi paling lama.

Peredaran planet

Berikut peredaran-peredaran planet mengelilingi Matahari berdasarkan jarak terdekat.

1. Merkurius

Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan Matahari. Merkurius berukuran kecil dan hampir tidak mempunyai atmosfer.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), jarak orbit Merkurius dengan Matahari rata-rata 58 juta kilometer (37 juta mil). Memiliki tahun terpendek (periode revolusi 88 hari) dan menerima radiasi paling kuat dari semua planet.

Merkurius hanya memiliki radius rata-rata sebesar 2.440 kilometer (1.516 mil). Radius rata-rata Merkurius 2,6 lebih kecil daripada Bumi yang memiliki radius rata-rata 6.371 kilometer.

Merkurius juga memiliki massa yang lebih sedikit. Karena lebih sedikit maka terkompresi oleh gravitasinya sendiri.

2. Venus

Venus merupakan planet kedua yang dekat dengan Matahari. Orbit Venus adalah melingkar jika dibandingkan dengan orbit planet lainnya.

Venus mengorbit Matahari pada jarak 180 juta kilomoter (67 juta mil). Ini lebih dekat 30 persen dibandingkan Bumi ke Matahari.

Venus mampu menyelesaikan satu revolusi orbit setiap 225 hari di Bumi. Berarti panjang satu tahun Venus adalah 225 hari di Bumi.

Planet tersebut juga berputar dalam gerakan retrograde atau berlawanan arah. Enam dari delapan planet berputar searah jarum jam jika dilihat dari atas, sedangkan Venus berputar berlawanan jarum jam.

3. Bumi

Bumi merupakan planet ketiga berdasarkan jaraknya dari matahari dalam tata surya. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultra ungu, dan radiasi dari luar angkasa.

Jarak rata-rata Bumi dari Matahari sekitar 149.000.000 kilometer (92.960.000 mil). Planet Bumi mengorbit Matahari di jalur yang saat ini mirip sebuah lingkaran daripada orbit planet lain.

Bumi mengorbit Matahari dalam waktu sekitar 356,25 hari. Arah revolusi berlawanan dengan arah pandangan dari utara, dalam arti yang sama atau arah seperti rotasi Matahari.

Periode rotasi Bumi pada sumbunya ialah 23 jam, 56 menit, dan 4.091 detik. Masa rotasi dalam kaitannya dengan Matahari adalah 24 jam.

Bumi memiliki satu satelit alami, disebut Bulan. Bulan mengorbit Bumi pada jarak rata-rata sekitar 384.400 kilometer (238.900 mil).

Bulan adalah salah satu satelit alami terbesar di tata surya. Hanya planet-planet raksasa yang memiliki ukuran sebanding atau lebih besar.

4. Mars

Mars merupakan planet yang memiliki permukaan berbatu dengan tampak warna merah. Warna disebabkan oleh kandungan oksigen besi di dalamnya, sedangkan warna lain yang berubah disebabkan adanya angin yang mengangkat debu dari permukaan.

Suhu permukaannya lebih dingin daripada suhu permukaan bumi karena letaknya yang lebih jauh dari matahari.

Mars bergerak mengelilingi Matahari pada jarak rata-rata 228 juta kilometer (140 juta mil) atau sekitar 1,5 kali jarak Bumi dari Matahari.

Orbit Mars relatif memanjang, maka jarak antara Mars dengan Matahari bervariasi dari 206,6 juta hingga 249,2 juta kilometer (128,4 juta mil hingga 154,8 juta mil). Mars mengorbit Matahari sekali dalam 687 hari di Bumi, ini berati bahwa tahunnya hampir dua kali lipat panjang Bumi.

5. Jupiter

Planet jupiter adalah planet yang terbesar dalam tata surya. Diameternya 13.000 kilometer dengan jarak rata-rata ke matahari 778,3 juta kilometer (483 mil). Jupiter memiliki diameter 142.984 kilometer.

6. Saturnus

Saturnus merupakan planet yang mudah dibedakan dengan planet lainnya. Karena Saturnus mempunyai cincin yang tidak dimiliki planet lainnya.

Cincin pada Saturnus tersebut adalah bongkahan-bongkahan es meteorit dengan lebar 402.000 kilometer dan tebal 15 kilometer.

Saturnus mengorbit Matahari pada jarak rata-rata 1.427.000.0000 kilometer (887 juta mil). Jarak terdekat ke Bumi adalah sekitar 1,3 miliar kilometer (746 juta mil).

Saturnus memiliki orbit reguler, gerakannya mengelilingi Matahari bersifat prograde (dalam arah yang sama dengan rotasi Matahari) dan memiliki eksentrisitas kecil (noncircularity) dan kecenderungan ke ekliptika.

7. Uranus

Uranus merupakan planet yang terselubung kabut tebal, terutama terdiri dari gas metan. Garis tengahnya kira-kira empat kali garis tengah bumi.

Uranus merupakan planet pemantul cahaya matahari yang baik. Sehingga kamu dapat mudah melihat planet itu berwarna biru.

Pada jarak uranus dari Matahari membutuhkan waktu sedikit lebih dari 84 tahun di Bumi. Pada umumnya planet mengelilingi Matahari dengan sumbu rotasi yang hampir tegak lurus terhadap bidang orbit, tapi sumbu Uranus miring 97 derajat dari sumbu tegak.

8. Neptunus

Neptunus merupakan planet yang mirip Bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikan. Komposisi penyusun planet ini adalah besi dan unsur berat lainnya.

Planet Neptunus memiliki 8 buah satelit, di antaranya Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa. Neptunus memiliki periode orbit 164,79 juta. Neptunus telah mengelilingi Matahari hanya sekali sejak penemuannya pada bulan September 1846.

Akibatnya, para astronom berharap melakukan penyempurnaan dalam menghitung ukuran orbitnya dan membentuk hingga abad ke-21.

Pertemuan ilmuwan menghasilkan revisi kecil ke atas estimasi jarak rata-rata planet ini dari Matahari, yang sekarang dianggap 4.498.250.000 kilometer (2.795.083.000 mil).

Related

Science 2023820840085358021

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item