Ini 9 Jenis Penyakit yang Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 9 Jenis Penyakit yang Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Toksoplasmosis

Toksoplasmosis merupakan penyakit yang sangat dikhawatirkan wanita, karena dapat menyebabkan kemandulan, atau selalu keguguran bila mengandung. Bayi yang lahir dengan kondisi cacat juga dapat disebabkan oleh penyakit ini.

Toksoplasmosis disebarkan oleh hewan bangsa kucing, misalnya kucing hutan, harimau, atau kucing rumahan. Penularan penyakit tersebut kepada manusia melalui beberapa cara, yaitu secara tidak sengaja menelan makanan atau minuman yang telah tercemar toksoplasma, memakan makanan yang berasal dari daging yang mengandung parasit toksoplasma dan tidak dimasak secara sempurna/setengah matang. 

Penularan lain adalah infeksi penyakit yang ditularkan melalui plasenta bayi dalam kandungan bagi ibu yang mengandung. Sedang cara penularan terakhir adalah melalui transfusi darah.

Psitacosis

Sejauh ini memang belum ada laporan pasti mengenai kasus penyakit Psitacosis yang diderita oleh manusia. Namun, penyakit yang disebarkan oleh burung paruh bengkok (nuri dan kakatua) ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Penularannya bisa lewat kotoran burung yang kemudian terhirup oleh manusia. Karena itu, bagi yang memelihara burung tersebut di rumah sebaiknya menjaga kesehatan dan kebersihan kandangnya.

Ketika terinfeksi penyakit tersebut, gejala klinis yang ditimbulkan antara lain adalah gangguan pernapasan, mulai dari sesak napas sampai peradangan pada saluran pernapasan, diare, tremor, serta kelemahan pada anggota gerak. Kondisi itu akan semakin parah jika penderita dalam keadaan stres dan mengonsumsi makanan yang kekurangan gizi.

Salmonellosis

Penyakit Salmonellosis menghinggapi manusia melalui bakteri salmonella yang masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman yang tercemar bakteri tersebut. Ketika terinfeksi bakteri salmonella, akibat yang ditimbulkan adalah peradangan pada saluran pencernaan, sampai rusaknya dinding usus. 

Karena penderita akan mengalami diare, maka sari makanan yang masuk dalam tubuh pun tidak dapat terserap dengan baik, sehingga penderita akan lemah dan kurus. Selain itu, racun yang dihasilkan oleh bakteri salmonella juga menyebabkan kerusakan otak dan organ reproduksi wanita, bahkan dapat menyebabkan keguguran bagi yang sedang hamil. 

Hewan yang bisa menularkan penyakit salmonella di antaranya adalah primata, iguana, ular, dan burung.

Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh sejenis kuman yang menyerang semua jenis hewan, termasuk manusia. Ketika menginfeksi organ tubuh, kuman ini sangat menyukai bagian ginjal dan organ reproduksi, dan biasanya akan berkembang biak di tempat itu. 

Gejala yang mudah diamati bila terinfeksi penyakit ini adalah air kencing berubah menjadi merah, karena ginjal penderita mengalami perdarahan. Selain itu, kepala akan mengalami sakit yang luar biasa, depresi, badan lemah, sedang wanita hamil akan mengalami keguguran.

Penularan penyakit Leptospirosis biasanya berawal dari adanya luka yang terbuka, yang lalu terkontaminasi dengan air kencing atau cairan dari organ reproduksi. Bahan makanan atau minuman yang tercemar pun dapat menyebakan infeksi penyakit ini masuk ke dalam tubuh.

Untuk hewan, penyakit itu biasanya diatasi dengan vaksin Leptospira. Yang jadi masalah, vaksin tersebut belum tersedia untuk manusia. Sedangkan hewan yang dapat menularkan penyakit ini adalah anjing, kucing, harimau, tikus, musang, juga tupai.

Herpes

Ketika terinfeksi virus herpes, gejala awal yang biasanya timbul adalah kulit yang melepuh di seluruh tubuh. Pada primata, virus ini dapat mengakibatkan kematian. Manusia dapat tertular virus ini dari gigitan atau cakaran hewan yang mengandung virus tersebut. Ketika terinfeksi, penderita akan mengalami dehidrasi akibat pelepuhan kulit, dan akhirnya mengalami kematian.

Hewan yang berpotensi menularkan penyakit ini di antaranya adalah monyet, lutung, siamang, orangutan, dan lain-lain.

Related

Health 475624573615843034

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item