Ini Manfaat Berkumur untuk Kesehatan Mulut, Gigi, dan Wajah


Naviri Magazine - Setiap hari kita selalu berkumur saat berwudlu, atau usai menggosok gigi. Kegiatan memasukkan air dalam mulut kemudian mengeluarkannya lagi, ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut penilitian, berkumur dapat menjaga mulut dan ternggorokan dari radang, dan menjaga agar gusi tak terluka. Berkumur juga bisa menghilangkan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi.

Selain itu, manfaat berkumur untuk menguatkan otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya. Menurut para ahli, berkumur dapat menggerakkan otot-otot wajah sehingga lebih rileks.

Di sisi lain, berkumur dapat memicu produksi air liur dalam mulut. Saliva diperlukan dalam membatasi perkembangbiakan bakteri, dan menjaga kesehatan gusi. Alhasil, mencegah gigi berlubang, sariawan, dan bau mulut.

Untuk mendapatkan manfaat berkumur secara maksimal, kamu bisa menggunakan obat kumur dua kali sehari. Waktunya setelah sarapan dan sebelum tidur.

Tentu saja, obat kumur yang digunakan sebaiknya tidak mengandung alkohol, karena dapat membuat mulut kering dan saliva berkurang. 

Related

Health 7413402676789542477

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item