Ini Penyebab Orang Tetap Merasa Kesepian, Meski Sudah Punya Pasangan


Naviri Magazine - Mereka yang masih single terkadang mempunyai pikiran bahwa memiliki pasangan tentu akan bikin bahagia. Faktanya, tak semua orang yang memiliki pasangan akan merasa demikian. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang merasa kesepian meski telah memiliki pasangan.

Fakta ini didukung oleh sebuah riset yang dilakukan Pew Research Center survey pada 2018 lalu. Hasil penelitian menyebutkan, 28 persen orang tidak puas dengan kehidupan asmaranya, sehingga mereka merasa kesepian. 

Sedangkan seorang psikolog dan pakar hubungan yang berbasis di New York, Niloo Dardashti, saat diwawancarai Time, menyebut kondisi ini sangat umum terjadi dalam hubungan jangka panjang.

Lantas, hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan rasa kesepian dalam hubungan? 

Hilangnya hubungan emosional

Rasa kesepian itu biasanya terjadi ketika pasangan telah kehilangan hubungan emosionalnya. Menurut Gary Brown, ahli terapi keluarga dan pernikahan di LA, hilangnya hubungan emosional itu biasanya dipicu karena pasangan sudah saling menjauh.

“Entah karena kesibukan atau tanggung jawab masing-masing, sehingga Anda dan pasangan sudah tidak terasa nyambung lagi. Kalau sudah begini, berarti hubungan emosional Anda sudah rusak,” lanjut Brown kepada Time.

Untuk memperbaikinya, Brown menyarankan Anda untuk melakukan quality time dengan pasangan. Cara ini menurut Brown ampuh untuk meningkatkan hubungan emosional antar pasangan.

Enggan untuk saling terbuka

Menurut Jenny Taitz, psikolog klinis asal LA, salah satu faktor penyebab kesepian adalah kurangnya komunikasi antar pasangan mengenai perasaan masing-masing.

“Misalnya berbicara soal perasaan kurang nyaman atau ada hal krusial lain yang tidak dibicarakan, sehingga Anda dan pasangan cenderung menyembunyikan perasaan masing-masing,” lanjut Taitz.

Untuk mengatasinya, cobalah Anda dan pasangan duduk berdua, dan katakan yang selama ini mengganjal di pikiran. Selain itu, cobalah minta pasangan Anda juga melakukan hal yang sama.

Membandingkan hubungan Anda dengan orang lain di media sosial

Siapa sangka, media sosial juga berperan dalam membuat Anda kesepian. Menurut Taitz, hal ini disebabkan karena Anda cenderung membandingkan hubungan Anda dengan yang apa yang dilihat di media sosial. 

“Misalnya saat Hari Valentine, Anda melihat pasangan lain mendapat hadiah bunga atau perhiasan, sedangkan Anda tidak mendapatkannya,” katanya.

Lebih lanjut, Taitz juga menyebut bahwa kondisi ini bisa menimbulkan semacam ‘jarak’ antara Anda dan pasangan. Sehingga, ketika jarak itu semakin dipupuk, maka bisa memicu rasa kesepian.

Related

Relationship 7818309908110149213

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item