Inilah 10 Penemu dan Ilmuwan Wanita, Beserta Karya Mereka bagi Dunia


Naviri Magazine - Kebanyakan para ilmuwan berjenis kelamin laki-laki, khususnya di masa lalu. Karenanya, banyak penemuan di dunia yang ditemukan atau diciptakan kaum laki-laki. Misalnya penemuan bola lampu pijar, penemuan mobil, penemuan sepeda motor, dan lain-lain. Semua penemunya laki-laki.

Namun, seiring waktu, kaum perempuan juga memasuki dunia sains, dan melakukan penemuan atau penciptaan mereka sendiri. Berikut ini adalah sepuluh ilmuwan wanita beserta karya mereka yang bermanfaat bagi dunia.

1. Marie Curie - Ilmuwan terkenal perempuan, spesialisasi dalam bidang-bidang seperti kimia dan fisika. Ilmuwati ini dikenal sebagai penemu polonium radioaktif dan radium elemen, dan sebagai orang pertama yang memenangkan hadiah Nobel dua kali.

2. Nesmith Bette Graham - Dia menemukan kertas cair, awalnya disebut “Mistake out”, zat yang digunakan untuk menutupi kesalahan yang dibuat di atas kertas.

3. Mary Anderson - Dia menemukan perangkat untuk membersihkan jendela mobil, kini dikenal dengan wiper kaca depan mobil.

4. Stephanie Kwolek – Dia penemu dan ilmuwan, pencipta kevlar, serat baja seperti sintetis yang digunakan pada ban radial, helm, dan rompi antipeluru.

5. Grace Murray Hopper - Dia menerobos bidang yang mayoritas dikuasai laki-laki dalam hal pemrograman. Dia adalah penemu bahasa pemrograman COBOL.

6. Ruth Wakefield - Dia bertanggung jawab atas kelahiran chocolate chip cookie.

7. Lillian Moller Gilbreth - Ratu ergonomi. Kita bisa berterima kasih atas tempat sampah dengan pedal kaki, mixer, rak di pintu kulkas, dan perbaikan dapur lainnya.

8. Martha Coston - Dia menciptakan sebuah sistem sinyal piroteknik, kini dikenal sebagai maritim sinyal suar.

9. Ruth Handler – Penemu boneka Barbie. Boneka ini dimaksudkan untuk menjadi boneka fashion remaja.

10. Josephine Cochran  - Penemu dishwasher. Dia berkata, “Jika ada orang lain yang akan menciptakan mesin pencuci piring, aku akan melakukannya sendiri.” Dan dia menciptakannya!

Related

Science 140863923579707405

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item