Jangan Pernah Dekati, Ini 10 Hewan Paling Beracun di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Jangan Pernah Dekati, Ini 10 Hewan Paling Beracun di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Ketika tersengat racun gurita ini, korban biasanya tidak langsung merasakan efeknya. Namun, setelah racun itu mulai bekerja, korban akan merasakan kelemahan otot, mati rasa, dan berikutnya sistem pernapasannya akan berhenti, yang pada akhirnya mengakibatkan kematian. 

Gurita berbahaya ini biasa ditemukan di kolam-kolam air pasang di sekitar laut pasifik, dari Jepang sampai Australia.

Kalajengking death stalker (Death stalker scorpion)

Rata-rata kalajengking memang beracun, namun biasanya tidak mematikan, selain hanya mengakibatkan rasa sakit, mati rasa, dan pembengkakan. Namun kalajengking satu ini berbeda. 

Selain mengakibatkan rasa sakit, racun kalajengking death stalker juga dapat menyebabkan kematian. Hal itu terjadi karena racun milik spesies kalajengking ini merupakan campuran dari macam-macam racun neurotoxin yang menyebabkan rasa sakit tak tertahankan, kemudian diikuti koma, kejang-kejang, kelumpuhan, dan kematian.

Ketika menyengat manusia dewasa yang sehat, korban mungkin masih dapat tertolong. Namun jika yang tersengat anak kecil, orang tua, atau orang yang kondisi jantungnya lemah, sebagian besar hasilnya adalah kematian. Kalajengking berbahaya ini banyak ditemukan di Afrika Utara dan Timur Tengah.

Ikan batu (Stonefish)

Ikan ini banyak hidup di daerah tropis dan di perairan laut dangkal, dari laut Pasifik dan Hindia, mulai dari Laut Merah sampai Queensland Great Barrier Reef. Selain memiliki wujud mengerikan, ikan ini juga memiliki racun yang amat mematikan.

Racun ikan batu terdapat pada bagian dalam duri di bagian luar kulitnya, yang didesain untuk melukai para predator yang mengancamnya. Ketika tersengat racun ikan batu, korban biasanya akan merasakan sakit yang luar biasa pada bagian tubuh yang tersengat—sebegitu sakitnya, hingga sering kali korban meminta dibius atau bahkan diamputasi. 

Laba-laba Brazilian wandering (Brazilian wandering spider)

Laba-laba Brazilian wandering memiliki racun yang paling mematikan dibandingkan laba-laba beracun lainnya. Hanya dengan 0,006 miligram racunnya sudah cukup untuk membunuh seekor tikus besar.

Katak poison dart (Poison dart frog)

Penampilan katak ini terlihat indah, dengan warna-warni mencolok yang menawan. Namun, di balik sosoknya yang tampak indah itulah racunnya tersimpan. Bahkan warna-warni pada kulitnya itu pun merupakan efek dari keberadaan racun yang berbahaya, yang akan membunuh makhluk lain yang mencoba menyentuh atau menyantapnya.

Katak yang banyak ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan ini dikenal sebagai katak paling beracun di dunia, meski tanpa sengatan atau gigitan. Katak jenis golden dart yang berukuran 2 inci (5 sentimeter) memiliki racun yang dapat membunuh 10 orang dewasa atau 20.000 tikus. Hanya dengan 2 mikrogram racunnya sudah dapat membunuh seorang manusia atau makhluk hidup yang lain. 

Ikan perut gembung (Puffer fish)

Ikan yang juga dikenal dengan sebutan ikan buntal ini tampak tidak berbahaya, namun dikenal sebagai ikan paling mematikan di dunia. Meski tidak menggigit atau menyengat, namun tidak jarang racunnya menyerang manusia yang memakannya.

Karena memiliki daging yang dianggap lezat, ikan perut gembung sering dijadikan sajian masakan beberapa negara. Di Jepang, masakan ikan ini disebut fugu, sementara di Korea disebut Bok-uh. Racun ikan itu terdapat pada kulitnya, sehingga koki yang menangani ikan tersebut biasanya akan sangat berhati-hati memisahkan bagian kulit dengan dagingnya.

Namun, tidak jarang konsumen sajian masakan ikan itu ada yang mengalami keracunan, sehingga pada saat ini hanya koki-koki yang bersertifikat yang boleh menyajikan masakan yang berasal dari ikan perut gembung. 

Related

Science 9204189603511357929

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item