Jepang: Negara Paling Disiplin di Dunia, Dalam Hal Tepat Waktu


Naviri Magazine - Menteri Penanggung Jawab Olimpiade, Yoshitaka Sakurada, didesak untuk meminta maaf kepada seluruh masyarakat Jepang, karena terlambat tiga menit dalam sebuah rapat parlemen. Dia juga didesak mundur karena beberapa perilaku yang dianggap tidak layak sebagai seorang anggota parlemen. Hal ini bukan terjadi untuk pertama kalinya di Jepang. 

Tidak hanya tokoh publik, layanan publik, pegawai perkantoran, dan institusi-institusi di Jepang, sangat mencela keterlambatan. Atau lebih tepatnya, ketidaktepatan waktu. 

Pada Mei 2018, perusahaan kereta api di jepang, JR-Railways, meminta maaf karena tiba 25 detik lebih awal dari yang dijadwalkan, dan karenanya seorang penumpang ketinggalan kereta. 

“Kami sangat mengecewakan kostumer kami, dan kami berjuang untuk mencegah agar ini tidak terjadi lagi,” kata pihak JR West kepada Koran Asahi, seperti dikutip Asia One. 

Ketepatan waktu adalah hal yang sangat penting bagi orang Jepang, dan dianggap sebagai salah satu patokan sopan santun. Mereka diajarkan untuk tepat waktu sejak kecil. 

“Orang tuaku selalu mengatakan bahwa penting untuk tidak terlambat, untuk berpikir bahwa orang akan merasa tidak nyaman karena aku terlambat dari yang telah dijadwalkan, dan aku menempatkannya pada situasi sulit,” kata Issei Izawa, seorang mahasiswi, seperti dilansir South China Morning Post. 

Kisah serupa juga dialami oleh Kanako Hosomura, seorang ibu rumah tangga di Prefektur Saitama, yang benci jika terlambat, meskipun hanya beberapa menit. “Saya sangat mending untuk datang lebih awal dari janji, karena itu lebih baik daripada membuat seseorang menunggu,” katanya. 

Sebaliknya, dia tidak sudi menunggu teman yang terlambat, karena membuat yang lain merasa tidak nyaman. 

Related

International 9035404327159013573

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item