Kenali Tanda-tanda Ponselmu Diintai Orang Lain, dan Apa yang Harus Dilakukan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kenali Tanda-tanda Ponselmu Diintai Orang Lain, dan Apa yang Harus Dilakukan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Sebenarnya lumayan susah untuk memastikan apakah ada orang yang menginstal stalkerware ke ponsel kita, karena memang tak ada bukti yang kentara. Cuma, jika kamu pengguna iPhone, ponselmu harus di-jailbreak sebelum stalkerware bisa diinstal karena aplikasi ini tak tersedia di iPhone App Store. 

Salah satu langkah yang bisa ditempuh untuk menguji apakah iPhone kita sudah di-jailbreak atau belum adalah dengan menginstal program “Cydia.” Fungsi aplikasi ini cuma satu: memungkinkan pengguna memasang aplikasi pada iPhone hasil jailbreak. 

Jika aplikasi ini berjalan, kemungkinan ada yang menginstal program yang tak kita kehendaki dalam gawai kita. Sebaliknya, jika Cydia tidak bekerja, itu bukan jaminan ponselmu aman dari aplikasi pengawasan. Biar lebih pasti, bawa iPhonemu ke Apple Store untuk dicek. Tapi, ini pun langkah yang berisiko jika kamu tengah diawasi orang lain,

Saya baru saja sadar dikuntit dengan spyware—saya harus bagaimana? 

Sebelum korban penguntitan lewat spyware melabrak pelakunya dan atau berusaha mencegah agar ini tak terjadi, ada baiknya untuk mempertimbangan risikonya dan melakukan segalanya dengan hati-hati. Penguntit justru akan makin nekat mengawasi pasangannya saat dikonfrontasi atau ketika takut aksinya terbongkar.

Aktivis dan pakar keamanan digital Elle Armageddon menulis bahwa segala keputusan tentang apa yang harus dilakukan setelah kamu sadar jadi korban penguntitan sangatlah sensitif.

Menggunakan gawai yang terinfeksi spyware saat berencana kabur dari pasangan yang kasar atau membawa gawai yang sudah dipasangi spyware saat kabur juga mengundang risiko yang lebih mengerikan dari sekadar risiko menjalani atau kabur dari hubungan tak sehat.

Curhat tentang pasangan yang kasar pada orang lain, menyusun rencana untuk menyelamatkan diri atau mencari cara menghapus spyware justru merupakan tindakan berbahaya jika ponselmu tengah diawasi. 

Menurut Armageddon, terus menggunakan gawaimu dan melakoni hidup seperti biasa seakan-akan tak ada masalah yang menghantuimu untuk sementara jadi opsi paling aman, setidaknya sampai kamu punya rencana menyelamatkan diri yang komplit. Jika memungkinkan, gunakan gawai baru untuk menceritakan masalahmu kepada orang yang kamu percaya. Atau jika ingin lebih aman lagi, ajak orang itu ngobrol empat mata langsung.

Bagaimana caranya menghapus stalkerware dari gawai dan mencegah hal ini terulang?

Setelah hidup bertahun-tahun di bawah pengawasan orang, bakal susah membayangkan cara hidup yang berbeda.

“Dulu saya sering ngobrol dengan ponsel di dalam ruangan padahal harusnya saya tak boleh melakukannya,” kenang Jessica, korban penguntitan lewat stalkerware. "Lama-lama kamu jadi malas, lelah karena terus-menerus berhati-hati dan, jujur saja, agak paranoid. Di satu titik, saya sampai mikir ‘Ah bodo amat deh kalau memang dia ngedenger semua obrolan di ponsel ini.’”

Namun, ada beberapa cara yang bisa ditempuh jika merasa ponselmu diawasi. Salah satu opsinya adalah mereset ponsel dan mengembalikannya pada factory setting awal.

Memastikan OS di ponselmu selalu up-to-date bisa juga mengurangi terinfeksi stalkerware. Seperti dibahas di atas tadi, untuk bisa menginstal stalkerware pada iPhone, ponselmu harus terlebih dulu di-jailbreak. Sebaliknya, iPhone yang iOS-nya rajin diperbarui bakal susah disusupi stalkerware.

Nihilnya aplikasi mencurigakan pada ponselmu tidak menjadikan kamu aman dari stalkerware. Setiap aplikasi yang memiliki izin mengakses lokasimu berada bisa dimanfaatkan untuk melacak keberadaan pemiliknya. Beberapa contoh app seperti ini di antaranya adalah aplikasi fitness seperti Strava, aplikasi tracker lari atau bahkan aplikasi kencan online semisal Tinder. 

Makanya, lebih baik bila kamu tak terlalu sering menyalakan fitur GPS di ponselmu. Biar keamananmu makin terjamin, hapus aplikasi Facebook dan Twitter yang bisa membeberkan lokasimu dalam tiap unggahan. Biasakan mengakses dua medsos ini lewat web.

Tak ada salahnya membekali diri dengan informasi cara mengenali keberadaan stalkerware dalam ponselmu bahkan jika kamu belum pernah menjadi korban penguntitan. Pasalnya, informasi ini akan membantu kamu atau temanmu lepas dari situasi pelik dan membahayakan di masa depan.

Related

Technology 2173891560795138473

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item