Kota-kota Dunia yang Menyajikan Jajanan Kaki Lima Terbaik


Naviri Magazine - Berkunjung ke suatu tempat baru terasa kurang lengkap bila belum mencoba kulinernya yang khas. Tak selalu makanan mewah, jajanan kaki lima pun wajib Anda coba.

Sebagai referensi memilih jajanan di suatu negara, Anda bisa melihat daftar 23 kota di dunia dan rekomendasi makanannya, versi CNN. Indonesia juga disebut di dalamnya. Salah satu makanan khas dari Bali masuk dalam daftar tersebut, yaitu babi guling.

Menurut Samantha Brown, salah satu pendiri Travelfish.org sekaligus pemandu wisata khusus Asia Tenggara, salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan di Bali adalah babi guling.

Bangkok, Thailand

Ada banyak jajanan kaki lima yang bisa kita temukan di Bangkok, misalnya susu kedelai manis dan dadih kacang, nasi dan ayam rebus, phad thai noodles, satai, hoy tod nai mong, dan yang terfavorit adalah kuay tiew kai soi sai nam phung atau sup ayam dengan telur dan usus babi.

Honolulu, Hawaii

Jajanan khas Hawaii menggabungkan tradisi lokal dengan selera kuliner Amerika Serikat, Asia dan Amerika Latin. Di sana, kita akan mudah menemukan makanan seperti roti isi, tuna, gurita, dan salad ikan mentah. 

Anda harus mencoba opal thai dan ayam panggang di Mike Huli Huli Chicken, dan Kamehameha Highway di Haleiwa di North Shore.

Istanbul, Turki

Salah satu jajanan yang populer di Turki adalah simit, yaitu perpaduan antara bagel dan pretzel. Jangan lupa untuk mencoba lahmacun atau pizza ala Turki, dan es krim Turki dengan tambahan pistachio.

Kairo, Mesir

Saat berada di Mesir, jangan lupa mencoba berbagai jenis jajanan seperti falafel, shawarma, kofta, dan koshary. Falafel adalah makanan yang terbuat dari kacang Arab yang digiling dan kemudian dipadatkan, dan dibuat bola-bola kecil lalu digoreng menggunakan minyak panas.

Shawarma adalah roti pita isi daging yang dipanggang seharian. Sedangkan kofta adalah bakso daging ala Timur Tengah, dan koshary adalah campuran nasi, pasta, kacang, dan buncis, yang diaduk bersama saus cuka dan tomat serta taburan bawang goreng.

Miami, Amerika Serikat

Cubanos sandwich adalah makanan yang populer di Miami. Makanan ini terdiri dari roti panini yang diisi ham, babi panggang, keju, acar, dan mustard.

Roti isi kemudian dipanggang dan disantap hangat-hangat saat rotinya terasa renyah, dan kejunya lumer. Jajanan ini pun menjadi inspirasi bagi film The Chef yang menceritakan seorang koki yang beralih pekerjaan berjualan cubanos di truk makanan.

Selain jajanan di atas, masih banyak makanan di kota lain yang wajib coba. Misalnya sacoles atau es buah-buahan di Rio de Janeiro, sushi dan daging panggang di Tokyo, crepes di Paris, tlacoyos di Meksiko, pizza di Roma, bahkan makanan ekstrem di Cina seperti olahan kalajengking dan kuda laut.

Related

Traveling 6912577179837607020

Recent

item