Masalah Kesehatan yang Bisa Timbul Akibat Menumpuknya Karang Gigi


Naviri Magazine - Gigi berlubang dan penyakit gusi adalah dua masalah gigi dan mulut yang paling populer. Namun, bagaimana dengan karang gigi? Dibandingkan dengan masalah gigi lainnya, kebanyakan orang seringkali menyepelekan kemunculan karang gigi. Bahkan tidak sedikit pula yang justru tidak mengetahui keberadaan karang di giginya sama sekali.

Padahal, kondisi satu ini bisa berbahaya jika didiamkan tanpa mendapatkan perawatan yang tepat. Jangan salah, beberapa penyakit kronis bisa dipicu oleh kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Termasuk akibat menumpuknya karang gigi. Yuk, kita mengenal karang gigi lebih dekat!

Apa Karang Gigi Itu?

Sejak kecil Anda mungkin sudah tidak asing dengan anjuran untuk rajin sikat gigi agar gigi bersih terbebas dari kuman dan bakteri di dalam mulut. Sebenarnya nasihat ini bukan tanpa alasan. Jika Anda malas sikat gigi, sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dapat mengandung bakteri atau mikroorganisme.

Ketika sisa makanan yang mengandung bakteri atau mikroorganisme menempel pada gigi dalam waktu yang lama, maka dapat membentuk plak. Plak yang menumpuk lambat laun akan mengeras, menyebabkan terbentuknya karang gigi. Dalam istilah medis, karang gigi juga disebut dental kalkulus. Kecepatan pembentukan karang gigi pada setiap orang umum berbeda-beda tergantung pada kadar pH air liur.

Biasanya karang gigi terbentuk di atas garis gusi atau permukaan gigi yang tampak di rongga mulut. Karang gigi bisa berwarna putih, kuning kecoklatan, hingga hitam. Semakin pekat warna karang gigi, maka semakin banyak pula plak yang menumpuk di gigi. 

Karang gigi juga memiliki tekstur yang terasa kasar dan berpori ketika diraba menggunakan lidah. Jika kondisi ini dibiarkan terlalu lama dan tidak ditangani dengan tepat, gigi dan gusi Anda berisiko tinggi mengalami kerusakan.

Menyebabkan Peradangan pada Gusi

Karang gigi yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan gingivitis, alias peradangan pada gusi. Jika peradangan sudah semakin parah, gusi Anda sangat mudah sekali untuk berdarah saat Anda menggosok gigi. Tidak jarang, Anda juga bisa mengalami perdarahan gusi secara tiba-tiba. Jika dibiarkan terus berlanjut, penyakit periodontal (gusi) dapat berkembang. 

Kondisi ini terjadi ketika peradangan sudah menyebar hingga ke tulang alveolar gigi. Akibatnya, tulang gigi dan jaringan di sekitarnya bisa mengalami kerusakan. Hal tersebut menyebabkan gigi jadi mudah goyah dan bahkan bisa terlepas dari soketnya.

Memicu Kerusakan Organ dan Penyumbatan pada Pembuluh Darah

Penyakit periodontal dikaitkan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, dimensia, serta rheumatoid arthritis (rematik). Meski para ahli tidak dapat mengetahui secara pasti apa penyebabnya, namun mereka percaya bahwa bakteri yang ada di mulut bisa masuk ke aliran darah dan menimbulkan reaksi peradangan. Kondisi ini dapat memicu kerusakan organ dan penyumbatan pada pembuluh darah.

Nah, hal inilah yang meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit kronis tersebut di kemudian hari. Apabila Anda sudah memiliki riwayat penyakit kronis tersebut dan tetap tidak rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut, potensi terjadinya komplikasi mungkin akan semakin tinggi.

Menyebabkan Bau Mulut

Tidak hanya itu saja, karang gigi yang dibiarkan menumpuk juga bisa menyebabkan bau mulut. Plak yang bercampur dengan sisa-sisa makanan yang tidak tersikat bersih saat Anda menggosok gigi dapat menyebabkan pembusukan di dalam rongga mulut. Pembusukan inilah yang jadi penyebab Anda mengalami bau mulut. 

Jika Anda tidak ingin mengalami berbagai kondisi yang sudah disebutkan di atas, jangan sepelekan masalah karang gigi. Inilah alasan mendasar mengapa penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut setiap hari. Tidak hanya menghindari berbagai masalah gigi saja, menjaga kesehatan gigi dan mulut juga membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Related

Health 5436266976883869058

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item