Mengapa Banyak Orang yang Tampaknya Mudah Emosi di Internet?


Naviri Magazine - Gangguan kepribadian berupa emosi yang sebentar-sebentar meledak di saat online, mengamuk karena mudah tersinggung, disebut dengan istilah Online Intermittent Explosive Disorder (OIED).

Orang yang mengidap gangguan ini tampak normal pada awalnya. Beberapa hari atau jam sebelumnya, mereka bisa saja melakukan pembicaraan-pembicaraan lucu atau komentar-komentar hangat. Akan tetapi, beberapa saat kemudian berubah marah-marah dan mengumpat, disebabkan sesuatu yang menyinggung perasaannya.

Kenapa hal itu bisa terjadi di Internet?

Kebanyakan kita hanya bisa menahan hasrat untuk melakukannya di dunia nyata, yang apabila dilakukan mungkin bisa membuahkan sebuah tinju ke wajah kita.

Di Internet, kebanyakan pengguna menyembunyikan identitas aslinya, sehingga mereka dengan bebas mengeluarkan isi hati dan kemarahan, tanpa khawatir reputasinya jadi jelek.

Karena pengungkapan perasaan dalam bentuk tulisan sering terlihat datar, dan tidak menggambarkan emosi dengan jelas, seperti halnya nada suara, mimik wajah, dan bahasa tubuh lainnya, di saat tatap muka langsung. Sehingga orang cenderung menggunakan kata-kata yang tajam, kasar dan keras, untuk mewakili perasaan tertentu.

Related

Psychology 5699838837336961063

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item