Mengapa Jari Berkeriput Setelah Lama Terendam Air? Ini Penjelasan Ilmuwan


Naviri Magazine - Jika manusia terlalu lama berendam di dalam air atau terkena air hujan terlalu lama, jari kaki dan tangan akan mulai keriput atau berkerut. Kejadian ini memang alami, dan terjadi pada semua orang.

Tetapi para ahli berkata lain. Keriput yang muncul pada jari manusia adalah evolusi manusia, ketika menghadapi cuaca hujan atau berendam terlalu lama di air. Sistem saraf kontrol secara alami membentuk kerutan pada jari, untuk memudahkan memegang sesuatu. Misalnya untuk mengambil barang sehingga tidak licin. Jadi kerutan bukan reaksi biasa, melainkan evolusi yang terjadi pada tubuh manusia.

Ahli eveolusi biologi Markus Changizi dari 2A1 mulai menganalisa kerutan jari manusia. Ia akhirnya menyimpulkan, kerutan tersebut adalah dampak dari perubahan tubuh pada jari, yang berfungsi untuk mudah menggenggam barang.

Teori ini belum terbukti seluruhnya. Changizi masih mengeksplorasi ke makhluk hidup di lingkungan basah lainnya. Bila teori Changizi benar, mungkin saja manusia memiliki sesuatu yang berbeda seperti kemampuan binatang dalam berevolusi. Hanya saja, fungsi tersebut tidak berfungsi sepenuhnya.

Related

Science 7154610118663416099

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item