Mengenal Daya Apung yang Memungkinkan Kita Mengambang di Air


Naviri Magazine - Menurut definisi fisika, buoyancy (daya apung) adalah daya tekan ke atas dari cairan terhadap sebuah benda yang berlawanan, dengan massa benda dan efek gravitasi. Ringkasnya, buoyancy adalah kemampuan mengapung sebuah benda pada cairan tertentu.

Daya apung sangat dipengaruhi oleh perbandingan antara massa jenis benda dan cairan. Massa jenis atau sering disebut densitas adalah tingkat kerapatan sebuah benda. Angka massa jenis/densitas didapat dari total massa benda dibagi total volumenya. Begini rumusnya.

    Massa jenis:
    ? = m/v
    ? = rho, massa jenis
    m = massa benda
    v = volume benda

Jika  daya apung sebuah benda lebih besar dari densitas air, maka benda akan tenggelam, biasa disebut buoyancy negatif. Jika lebih ringan, benda akan mengapung, disebut bouyancy positif, dan jika sama maka disebut netral. Ada dua komponen yang berpengaruh dalam hal ini.

Yang pertama adalah tubuh. Pada dasarnya, ada empat faktor tubuh yang berpengaruh besar pada buoyancy, yaitu:

Volume paru-paru: Semakin besar volume paru-paru, makin besar daya apungnya.
    
Jumlah lemak tubuh: Semakin besar/banyak volume lemaknya, akan semakin besar daya apungnya. Ini menjelaskan mengapa orang gemuk justru mudah mengapung.
    
Volume otot: Semakin besar volume otot, semakin kecil daya apungnya. Jika Anda seorang binaragawan, Anda memiliki kecenderungan memiliki buoyancy yang kurang positif
    
Massa tulang: Semakin besar massa tulangnya, semakin kecil daya apungnya. Sehingga hampir semua anak-anak dan wanita memiliki buoyancy positif.

Komponen yang kedua adalah air. Air yang berdensitas tinggi (air laut) akan membuat tubuh kita lebih mengapung, dibanding dengan air yang berdensitas rendah (air kolam renang). Oleh sebab itu, orang yang daya apungnya cenderung negatif di kolam renang akan cenderung positif di air laut.

Namun masih ada faktor lain yang juga mempengaruhi daya apung seseorang, sehingga terdapat berbagai variasi daya apung. 

Related

Science 5649618319259355439

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item