Nikmatnya Hidup Sederhana, Tak Perlu Pusing Mikir Utang dan Masa Depan


Naviri Magazine - Tak ada salahnya hidup sederhana dan tak perlu minder. Tak perlu malu bila tidak ikutan nongkrong di kafe dan tidak mengunggah foto terbaru di media sosial.

Mengutip dari Your Tango, ada banyak manfaat gaya hidup lebih sederhana, tak sekadar hura-hura dan menghabiskan uang.

- Mudah mengumpulkan dana darurat. Jika pemanas air rusak, maka Anda dapat menggantinya tanpa harus berutang.

- Memberikan contoh yang tepat untuk anak-anak. Anda dapat memberi tahu anak-anak sepanjang hari untuk tidak materialistis, menghindari utang, menghemat, mendaur ulang, menabung untuk masa depan.

- Mampu membiayai kuliah. Jika anak-anak memilih untuk kuliah di perguruan tinggi empat tahun maka Anda dapat memberikan pendidikan yang layak kepada mereka tanpa harus berutang besar.

- Jika pensiun suatu hari nanti, Anda juga bisa hidup sederhana atau juga memilih untuk tetap bekerja dan membuka usaha. Kemakmuran sejati adalah tentang kebebasan untuk melakukan apa yang diinginkan.

- Selama pandemi, kita bisa menghabiskan waktu dengan mengenal komunitas atau menjelajahi taman lokal, perpustakaan, dan atraksi lain yang dekat dengan rumah. Hal ini pada gilirannya dapat membuat kita menjadi warga negara yang lebih aktif.

- Lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga tanpa ada kekhawatiran biaya yang mahal. Anda juga bisa naik sepeda di sekitar rumah atau menjadi sukarelawan di dapur umum atau penampungan hewan.

- Menemukan rasa damai yang baru. Tanyakan siapa saja yang sudah mulai mengendalikan uang mereka daripada membiarkan uang mengendalikan mereka.

- Lebih perhatian dan bersyukur. Konsumerisme menciptakan keinginan untuk hidup lebih, lebih, lebih banyak.

- Lebih murah hati dan memberi. Semakin sedikit yang dibelanjakan untuk diri sendiri, semakin banyak Anda bebas membelanjakannya untuk orang lain. Dan saat itu, cara melihat dunia berubah, Anda pasti ingin memberi. Akan muncul perasaan senang membantu, dan bahkan lebih baik lagi melihat anak-anak menemukan kebahagiaan dari kepedulian dan berbagi.

Related

Tips 544544523272611836

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item