Puffer Fish, Ikan yang Tampak Lucu tapi Mengandung Racun Mematikan


Naviri Magazine - Ikan yang juga dikenal dengan sebutan ikan buntal ini tampak tidak berbahaya, namun dikenal sebagai ikan paling mematikan di dunia. Meski tidak menggigit atau menyengat, namun tidak jarang racunnya menyerang manusia yang memakannya.

Karena memiliki daging yang dianggap lezat, ikan perut gembung sering dijadikan sajian masakan beberapa negara. Di Jepang, masakan ikan ini disebut fugu, sementara di Korea disebut Bok-uh. Racun ikan itu terdapat pada kulitnya, sehingga koki yang menangani ikan tersebut biasanya akan sangat berhati-hati memisahkan bagian kulit dengan dagingnya.

Namun, tidak jarang konsumen sajian masakan ikan itu ada yang mengalami keracunan, sehingga pada saat ini hanya koki-koki yang bersertifikat yang boleh menyajikan masakan yang berasal dari ikan perut gembung. 

Ketika keracunan ikan tersebut, korban biasanya akan pusing, muntah-muntah, jantung berdetak sangat cepat, sulit bernapas, dan mengalami kelumpuhan otot. Biasanya, korban akan meninggal dalam waktu 24 jam.

Related

Science 1415849622726110323

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item