Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Mobil Bertransmisi Otomatis


Naviri Magazine - Awal tahun 1900-an, masyarakat di Amerika Serikat sudah terbiasa dengan sesuatu yang mudah dikendarai. Pada waktu itu, populasi mobil yang tinggal gas dan rem cukup mendominasi di jalan. Mobil dengan mesin bakar internal pun harus menawarkan rasa berkendara serupa, agar sama-sama laris di pasaran.

Maka, sejak tahun 1920-an, sejumlah pengembangan pun datang. Melansir dari laman Hemmings, teknologi perpindahan gigi yang lebih halus hadir lewat teknologi Self-Shifter dan Fluid-Drive pada mobil-mobil Chrysler. Meski kedua teknologi ini masih memerlukan injakan pedal kopling pada saat tertentu.

Masyarakat sudah benar-benar tak perlu menginjak pedal kopling, ketika seorang pria bernama Earl Avery Thompson menemukan transmisi otomatis sekitar akhir 1930-an. Insinyur yang bekerja untuk General Motors ini awalnya menerapkan transmisi Automatic Safety Transmission (AST) sebagai opsi pada merek Oldsmobile yang dirilis pada Juni 1937.

Transmisi ini masih dianggap semi-otomatis, karena masih menggunakan kopling untuk memulai, berhenti, dan mundur. Thompson lantas mengembangkan kopling cairan yang mengeliminasi fungsi pedal kopling seutuhnya.

Terobosan yang diterapkan pada transmisi AST akhirnya mengarah pada pengembangan Hydra-Matic, sistem perpindahan gigi dengan mekanisme hidrolik. Teknologi ini memang belum menjadi transmisi torque converter seutuhnya, namun untuk pertama kali dalam sejarah mobil bensin, tidak ada proses injak kopling atau perpindahan gigi secara manual untuk mengoperasikan kendaraan.

Hydra-Matic pada Oldsmobile jadi pengembangan yang sama sekali baru, membuat mobil jadi lebih sederhana dan mudah dikendarai. Dikutip dari Auto News, Oldsmobile bahkan menuliskan “No Clutch to press! No gears to shift!” dalam brosur promosinya pada 1940-an.

Transmisi otomatis pun langsung populer. Sejumlah produsen kendaraan, dari Buick, Chevrolet, Cadillac, Nash, Hudson, Kaiser-Frazer, Willys, Rolls-Royce, hingga Bentley, mulai menawarkannya pada mobil-mobil lansiran terbaru, terutama untuk memberikan pengalaman berkendara tanpa rasa lelah.

Related

Automotive 6005197186061496324

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item