Ternyata Ini yang Menyebabkan Pasir Hisap Bisa Menarik Tubuh Kita


Naviri Magazine - Pasir hisap adalah jenis pasir biasa atau tanah yang berpasir. Menurut Denise Dumouchele dari The United States Geological Survey, pasir hisap bisa terdapat dimana saja, tergantung kondisi sekitarnya. Contoh mudah adalah pasir di pantai. Perhatikan pasir di tepi laut; ketika kaki kita menginjaknya, pasir akan melesak.

Pada dasarnya, pasir hisap adalah pasir biasa yang gesekan antar partikel-partikelnya berkurang. Ada dua hal yang menyebabkan pasir menjadi pasir hisap, yaitu:

Aliran air di bawah tanah

Air merembes ke atas, masuk ke pasir, sehingga menciptakan semacam kantung air kecil di antara butiran pasir. Pada saat pasir jenuh air, gesekan antar partikelnya berkurang. Pasir pun berubah menjadi seperti cairan.

Gempa bumi

Kekuatan gempa bumi yang besar akan menggoncang, mengaduk-aduk, dan memisahkan pasir dan debu, sehingga gesekan antar partikel pasir berkurang. Daerah yang terkena gempa jadi tidak stabil, sehingga mengakibatkan bangunan atau benda di sekitarnya runtuh atau tenggelam.

Related

Science 8433464198033372460

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item