Tips Ampuh Cara Cepat Tidur Pulas dengan Mudah, Cuma Butuh 10 Detik


Naviri Magazine - Ketika seseorang memiliki masalah dengan pola istirahat, perlu diketahui ternyata ada tips ampuh cara cepat tidur pulas dengan mudah, bahkan hanya butuh waktu sepuluh detik.

Bagi sebagian orang, tidur tepat waktu dengan kualitas baik alias pulas menjadi hal yang sulit dilakukan. Pola tidur yang baik tentunya juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya gaya hidup, kebiasaan, hingga psikis atau mental seseorang.

Pastinya kamu pernah kan, saat memiliki banyak pikiran dan masalah, jam tidur kamu juga kena imbasnya. Pikiran yang menumpuk itu secara tak langsung akan membuat psikis dan alam bawah sadar kamu susah untuk beristirahat.

Tapi jangan khawatir, soalnya ada tips dan trik ilmiah yang bisa kamu praktikkan ketika sulit untuk tidur pulas.

Menurut laporan dari Healthline, tips ampuh cara cepat tidur pulas dengan mudah ini cuma butuh 10 detik. Tampaknya bakal cocok juga buat para pengidap insomnia.

Tips ampuh cara cepat tidur pulas dengan mudah ini dibagi jadi beberapa metode, yakni tidur dalam waktu 10 detik, 60 detik, hingga 120 detik.

Nah langsung aja, berikut tips ampuh cara cepat tidur pulas dengan mudah:

Tidur pulas dalam waktu 10 detik

Pada umumnya, dibutuhkan trik dan syarat khusus untuk bisa tertidur pulas dalam hitungan waktu 10 detik. Biasanya hal ini dapat dengan mudah dilakukan ketika kamu sudah rutin menjalankan metode latihan tidur yang satu ini.

Dengan catatan dan syarat, metode ini sebenarnya membutuhkan waktu 120 detik penuh untuk menyelesaikannya. Tetapi 10 detik terakhir menjadi yang benar-benar krusial.

Metode tidur pulas dengan cepat ini pertama kali diperkenalkan oleh Sharon Ackerman, dalam buku bertajuk 'Relax and Win: Championship Performance'.

Menurut Ackerman, metode yang diajarkan di Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut di Amerika Serikat mampu membuat para pilot tertidur dalam 2 menit atau kurang. Bahkan setelah minum kopi, atau ada suara tembakan yang keras sekalipun. Latihan ini bisa dibilang berhasil untuk orang yang perlu tidur sambil duduk!

Berikut metodenya, yang bisa kamu tiru:
  • Turunkan bahu untuk melepaskan ketegangan, dan biarkan tangan jatuh ke samping tubuh.
  • Buang napas, rilekskan dadamu.
  • Rilekskan kaki, paha, dan betis.
  • Jernihkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan pemandangan yang menenangkan.
  • Jika ini tidak berhasil, coba ucapkan kata "jangan berpikir" berulang kali selama 10 detik.
  • Bila kamu menjalankannya sungguh-sungguh, dalam 10 detik kamu akan langsung tertidur.

Sebagai catatan, bila metode ini tak berhasil, mungkin kamu perlu mempelajari dasar-dasar metode militer. Seperti pernapasan dan relaksasi otot yang memiliki beberapa bukti ampuh secara ilmiah bahwa metode tersebut berhasil. Selain itu, beberapa kondisi seperti ADHD atau kecemasan dapat mengganggu keefektifan metode ini.

Tidur pulas dalam waktu 60 detik

Metode yang kedua digunakan dengan tujuan utama untuk mengatur pernapasan dan peregangan otot. Selain itu, dapat juga mempengaruhi serta mengalihkan pemikiran dari berbagai permasalahan yang menghantui pikiran kita.

Namun apabila kamu termasuk pemula yang baru pertama kali mencoba, metode ini mungkin akan efektif memerlukan waktu sampai dua menit.

Lantaran menggabungkan antara kekuatan meditasi dan visualisasi, metode pernapasan ini akan lebih efektih bila dibarengi dengan latihan.

Caranya, letakkan ujung lidah di langit-langit mulut dan di belakang kedua gigi depan. Jaga lidah tetap di sana sepanjang waktu, dan kerutkan bibir kamu jika perlu.

Kemudian lakukan siklus pernapasan 4-7-8, yakni dengan membiarkan bibir kamu sedikit terbuka dan mengeluarkan suara mendesing saat kamu mengeluarkan napas melalui mulut.

Selanjutnya, tutup bibir dan tarik napas tanpa suara melalui hidung. Hitung sampai empat, kemudian tahan napas selama tujuh detik. Setelah itu, buang napas selama delapan detik. Cobalah untuk mempraktikkannya tanpa berpikir.

Selesaikan siklus ini selama empat napas penuh. Biarkan tubuh tidur jika kamu merasa relaksasi datang lebih awal dari yang diperkirakan.

Tidur pulas dengan waktu 120 detik

Apabila kedua metode sebelumnya masih belum ampuh, mungkin terdapat sebuah penyumbatan mendasar yang perlu kamu tangani. Karena itu, cobalah teknik yang satu ini.

Berbeda dari sebelumnya, kamu harus mengatakan pada diri sendiri untuk tetap terjaga alias melek. Hal tersebut lantaran bagi sebagian orang, terutama yang menderita insomnia, mencoba untuk bisa tidur ternyata dapat berisiko meningkatkan kecemasan otak.

Nah kalau kamu sering merasa stres saat mencoba tidur, metode ini mungkin lebih efektif daripada praktik pernapasan tradisional yang disengaja dan terkesan dipaksakan.

Begini caranya, bayangkan kamu berada di sebuah tempat yang tenang. Jika berhitung terlalu banyak seperti metode hitung tidur mengaktifkan pikiran, cobalah libatkan imajinasi kamu yang satu ini.

Berdasarkan pengalaman sejumlah orang, memvisualisasikan sesuatu dapat membuatnya jadi nyata, dan mungkin juga hal ini bekerja dengan tidur. Makanya daripada menghitung domba, cobalah membayangkan suasana yang tenang dan semua perasaan yang menyertainya.

Misalnya, kamu bisa membayangkan sedang berada di sebuah alam yang sangat memanjakan mata dan pemikiranmu. Contohnya seperti air terjun, desiran ombak di pinggir pantai, suara gemericik air, derasnya air, dan aroma lumut yang lembap.

Kuncinya adalah membiarkan gambar ini mengambil ruang di otak untuk mencegah kamu terlibat kembali dengan pikiran dan kekhawatiran sebelum tidur.

Related

Tips 5705163268310811137

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item