Humor Sufi: Nasruddin Hoja dan Pembagian yang Adil


Naviri Magazine - Empat orang lelaki mendatangi Nasruddin dengan membawa sekarung apel. Keempat orang itu ingin meminta Nasruddin agar dapat membagikan apel dalam karung itu secara adil. 

Nasruddin memenuhi permintaan mereka. Dia bertanya, “Mana yang kalian inginkan; pembagian dengan cara Allah atau pembagian dengan cara manusia?”

Mereka serempak menjawab, “Dengan cara Allah, tentu saja.”

Maka Nasruddin pun membuka karung apel itu dan memberikan separuh isinya kepada orang pertama. Kemudian sisanya ia ambil sepuluh butir dan ia berikan kepada orang kedua. Sisanya lagi ia berikan semuanya kepada orang ketiga, sementara orang keempat tidak mendapatkan apa-apa.

Keempat orang itu spontan bertanya dengan heran, “Pembagian macam apa ini…?” 

“Begitulah cara Allah membagi,” jawab Nasruddin dengan tenang. “Dia memberikan seseorang dengan berlimpah, sementara yang lainnya sedikit, dan ada yang tidak mendapatkan apapun. Kalau tadi kalian memintaku membagi dengan cara manusia, tentu aku akan membagikannya dengan jumlah yang sama pada setiap orang.”

Related

Moslem World 8690194575128948590

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item