Ilmuwan Menemukan Tumbuhan Tertua di Dunia, Berumur 13 Ribu Tahun


Naviri Magazine - Peneliti menemukan sejenis tumbuhan yang hidup sejak zaman es. Jenis pepohonan tersebut masih kuat bertahan hidup hingga sekarang, pada lahan gersang di California. 

Penemuan ini sangat mengejutkan para peneliti, karena usia tumbahan ini diperkirakan 13.000 tahun, sehingga membuatnya jadi tumbuhan tertua yang ada di bumi. Tumbuhan ini dinamai ‘Jurupa Oak’.

Jurupa Oak terdiri dari kumpulan semak-semak belukar. Para ilmuwan meyakini hal tersebut merupakan efek dari perubahan suhu yang sangat ekstrem saat mereka melakukan regenerasi. Tumbuhan tersebut termasuk dalam spesies Quercus palmeri atau Oak Palmer. 

Nama itu didapat dari nama sebuah bukit tempat spesies tanaman tersebut tumbuh. Spesies ini juga diketahui dapat tumbuh di wilayah yang lebih dingin dan basah. Lokasi tak umum tempat Jurupa tumbuh, menjadi petunjuk pertama bagi tim peneliti bahwa tumbuhan tersebut memiliki asal usul yang tidak biasa.

Peneliti juga menemukan bahwa oak tersebut tidak memproduksi benih ataupun buah. Hal ini menandakan Jurupa Oak memiliki cara yang tidak biasa untuk berkembang biak. Uji coba genetik memperlihatkan bahwa kumpulan batang semak yang berantakan pada Jurupa Oak merupakan individu tunggal yang berkembang biak dengan cara mengkloning diri.

Related

Science 238124656866910687

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item