Ini 10 Ide Peluang Usaha Jualan yang Bisa Dicoba, dari Makanan sampai Pulsa



Naviri Magazine - Berjualan adalah salah satu usaha yang mudah dilakukan, karena pekerjaan utama kita hanyalah menjual. Syarat pertama ada produk yang dijual, syarat kedua punya tempat penjualan. Jika dua syarat minimal itu sudah ada, aktivitas usaha jualan pun sudah bisa dilakukan.

Jika Anda mungkin punya keinginan berjualan, namun masih bingung mau jualan apa, berikut ini adalah sepuluh ide yang mungkin bisa Anda coba. Atau setidaknya, sepuluh ide berikut ini bisa mencetuskan ide-ide lain di pikiran Anda. Selamat mencoba.

Peluang Usaha Makanan 

Usaha makanan termasuk bisnis abadi, karena semua orang butuh makan. Apalagi sekarang orang lebih suka membeli makanan daripada masak sendiri.

Mau jualan dimana pun biasanya akan laris, kalau memang makanannya enak. Tapi, biasanya pula lebih laris jika jualan di pasar, atau di kompleks kampus atau perkantoran, karena di sana ada target market yang sangat besar.

Peluang Usaha Minuman

Ada makanan, ada minuman. Jualan minuman tak kalah menjanjikan dari jualan makanan. Tapi, jualan minuman sedikit lebih berisiko dibanding makanan. Karena jualan minuman biasanya dipengaruhi musim. Misal, jika ingin jualan es cendol, akan laris saat musim kemarau, tapi penjualan menurun saat musim hujan.

Meskipun begitu, jualan minuman dari dulu sampai sekarang masih laris. Apalagi jika minuman yang dijual itu unik dan bervariasi, misal es cendol, es capcin (cappucino cincau), dll.

Peluang Bisnis Jualan Pakaian/Fashion

Selain bisnis kuliner makanan dan minuman, ada satu lagi bisnis yang abadi, yaitu bisnis pakaian. Pokoknya, bisnis yang menyangkut kebutuhan pokok manusia seperti sandang, pangan, dan papan, pasti laku. Karena, tanpa terpenuhi ketiga kebutuhan itu, hidup manusia belum lengkap.

Anda bisa jualan pakaian bayi, wanita, laki-laki, hingga anak-anak. Anda bisa jualan di rumah, buka toko di pinggir jalan, di pasar, atau yang sedang populer adalah jualan online. Untuk jualan online, Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Peluang Bisnis Produk Kecantikan

Semakin tingginya kesadaran wanita yang memperhatikan penampilan, maka semakin gurih bisnis produk-produk kecantikan. Pasar untuk produk ini juga semakin tinggi, apalagi untuk para wanita perkotaan.

Anda bisa jualan kosmetik, alat make up, aksesoris, anting, cincin, dll. Keuntungannya pun tak sedikit, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah untuk sekali closing.

Peluang Bisnis Jualan Produk Digital

Ada banyak sekali produk digital yang dapat kita masuki. Dan membuat produk digital ini menyenangkan, karena kita bisa menyesuaikan produk yang kita buat dengan hobi yang kita miliki.

Contoh, jika Anda hobi fotografi, Anda bisa jualan foto. Anda hobi editing video, maka Anda bisa jualan video. Anda hobi membuat illustrasi, maka bisa jualan ilustrasi. Mudah, kan? Dan hebatnya, Anda hanya sekali buat, tapi bisa dijual hingga ribuan kali atau tak terbatas.

Peluang Usaha Jualan Motor dan Mobil Bekas

Sekarang kendaraan bermotor bukan lagi barang mewah, karena hampir semua keluarga punya minimal 1 motor. Ini bisa dijadikan peluang yang cukup menjanjikan untuk jual beli motor bekas.

Peluang Usaha Jualan Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang tidak ada matinya, seperti bisnis pakaian dan makanan. Karena properti adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang perlu dipenuhi.

Properti bisa dikatakan sebagai emas hitam, karena harga properti, baik tanah ataupun bangunan, tiap tahun pasti meningkat. Hal ini disebabkan jumlah penduduk yang semakin meningkat, sehingga persediaan lahan yang kian menyempit bikin harga lahan dan properti meroket.

Berapa keuntungan jualan properti? Jika kita menjual properti milik pribadi, keuntungannya bisa lebih banyak. Apalagi jika kita beli sekarang kemudian dijual lagi dalam 3 tahun ke depan, maka harga properti itu pasti naik. Kalau tidak dijual lagi, kita bisa menyewakan properti tersebut, sehingga bisa mendapatkan passive income.

Jika kita bertindak sebagai broker properti, kita akan mendapatkan untung sekitar 2,5% – 5% dari harga properti itu. Misal, jika harga properti 1 M, maka kita dapat komisi 2 –50 juta.

Peluang Usaha Jualan Tiket Online dan Paket Travelling

Kalau kita cermati, akhir-akhir ini banyak berdiri agen-agen penjualan tiket di pinggir jalan. Hal ini karena memang semakin mudah berbisnis tiket online. Ada banyak sekali server atau induk penyedia tiket dan paket travel yang bisa diajak kerjasama.

Keuntungan dari penjualan tiket pun tak sedikit, kisarannya 10%. Misal, jika harga tiketnya 500 ribu, kita bisa mendapat untung 50 ribu. Soal keuntungan ini tergantung dengan pihak mana kita menjalin kerjasama.

Peluang Usaha Jualan Pulsa Elektrik

Jualan pulsa juga sedang melejit, banyak sekali konter yang ada di pinggir jalan. Hal ini dibarengi dengan penggunaan smartphone yang semakin meningkat.

Sekarang, satu orang bisa memegang lebih dari 1 nomor, kebayang kan potensi bisnisnya? Memang, keuntungan sekali transaksi pulsa sedikit. Tapi, kalau dalam sehari ada ratusan transaksi, jadi banyak, kan? Apalagi jika kita tidak hanya menjual pulsa saja, tapi juga menjual pulsa listrik ataupun kuota internet.

Peluang Usaha Jualan Kelontong/Kebutuhan Pokok

Jualan kebutuhan pokok masih sangat menjanjikan, karena kebutuhan pokok (harian) pasti dibutuhkan banyak orang. Bahkan tiap hari pasti membeli, sehingga perputaran uang dan barang jadi cepat.

Kalau ingin jualan kebutuhan pokok, juallah dengan harga standar atau sedikit lebih murah. Meskipun untung sedikit, kalau yang beli banyak maka keuntungannya juga semakin tinggi. Jadi, utamakan kepuasan pelanggan.

Jika modal minim, kita bisa menstok barang terlebih dulu. Kalau sudah laku, baru dibayar barang tersebut. Hal ini lazim dilakukan oleh para penjual, dimana mereka ambil barang dulu dari distributor. Kalau sudah laku barangnya, baru dibayar belakangan.

Related

Business 6950283064210314978

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item