Ini 10 Jenis Pisau Dapur yang Paling Sering Digunakan di Dunia


Naviri Magazine - Pekerjaan memasak kadang bukan hal yang mudah. Kadang kita menemukan bahan makanan yang sulit dipotong hanya dengan pisau biasa. Itulah sebabnya ada banyak sekali jenis pisau dapur di dunia. Berikut ini adalah 10 jenis pisau dapur yang paling sering digunakan oleh mereka yang hobi memasak.

Fluting Knife

Jangan berpikir bahwa pisau dapur pendek ini tidak memiliki kegunaan apa-apa di dapur karena pendapat itu salah besar. Dengan panjang kisaran 5-10 cm, pisau ini telah banyak membantu koki untuk membuat hiasan pada piring makanan agar terlihat indah dan menarik.

Meskipun tergolong pisau yang pendek, Fluting Knife ternyata memiliki bentuk yang sedikit lebih tajam dan berlekuk bila kita bandingkan dengan Paring Knife. Jika tidak ada pisau ini, mungkin saja tidak akan ada hiasan indah pada makanan Anda.

Slicing Knife

Ingin pisau yang dapat digunakan untuk memotong daging unggas maupun ikan? Jawabannya adalah Slicing Knife. Dengan ukuran yang cukup panjang, Slicing Knife adalah salah satu jenis pisau dapur yang seperti namanya sangatlah cocok untuk digunakan memotong. 

Pisau dapur ini juga yang biasa digunakan oleh para koki jika menginginkan potongan sempurna saat memotong daging. Memiliki karakteristik yang panjang dan memiliki mata pisau yang tipis namun tajam.Tidak hanya digunakan untuk memotong, pisau ini juga digunakan untuk mengiris daging.

Boning Knife

Dengan bentuk pisau melengkung dan mengecil di bagian ujung, merupakan ciri khas dari pisau Boninig Knife. Pisau dapur jenis ini adalah pisau yang dapat membantu Anda dalam hal memisahkan daging dari tulangnya. Boning Knife ini memang sengaja dibentuk melengkung agar para koki memiliki kontrol yang lebih baik untuk memotong berbagai macam jenis daging dengan seksama. 

Vegetable Cleaver

Memiliki bentuk yang mirip dengan Cleaver Meat, Vegetable Cleaver merupakan pisau dapur yang digunakan oleh para koki untuk memotong sayur-sayuran. Yang membedakan Vegetable Cleaver dengan Meat Cleaver adalah mata pisaunya. Vegetable Cleaver memiliki mata pisau yang jauh lebih tajam dari Meat Cleaver.

Pisau dapur ini dapat dengan mudah membantu pekerjaan koki untuk memotong sayuran dan memasukannya ke dalam panci atau mangkuk.

Mincing Knife

Mincing Knife, begitulah pisau dapur ini dinamakan. Melihat bentuk pisau yang aneh ini mengingatkan kita akan bentuk pisau yang digunakan pada alat pancung jaman dahulu. Namun jangan takut, karena pisau satu ini tidak digunakan untuk memancung kepala orang melainkan lebih untuk mencincang sampai halus.

Pisau melengkung ini digunakan oleh para koki untuk memotong-motong bahan makanan yang biasanya sayuran. Cara menggunakannya dengan memegang gagang pisau dengan kedua tangan, dan menggerakannya ke kiri dan kanan sampai sayuran yang ingin dipotong menjadi halus.

Paring Knife

Sekilas mungkin terlihat seperti biasa namun Paring Knife sangatlah mudah dibedakan dalam bentuk nyatanya. Memiliki bentuk yang lebih sederhana dengan tepi pisau yang jauh lebih kecil. Bahkan panjangnya saja hanya berkisaran 5-10 cm, pisau ini sangat membantu tugas koki dalam hal mengupas buah, memotong sayuran, memisahkan kulit udang, sampai membuat hiasan halus pada makanan.

Meat Cleaver

Pisau dapur satu ini cukup sering nampak di beberapa film horror yang dimana sang pembunuh menggunakan pisau besar untuk memotong daging korban. Singkatnya adalah sebuah golok daging pisau ini memang berfungsi untuk memotong daging sebagaimana namanya. Mungkin karnea namanya inilah, film-film horor sering menunjukkan pembunuh yang menggunakan pisau ini.

Meat Cleaver termasuk pisau dapur ukuran besar dan juga berat. Berat pisau ini memungkinkan koki untuk memotong daging dalam sekali ayunan. Tidak hanya daging saja yang bisa dipotong, bahkan tulang yang keraspun sanggup dipotong olehnya. Inilah sebabnya tukang daging banyak yang memilih pisau ini..

Bread Knife

Sesuai dengan namanya, Bread Knife ini sangat efektif untuk memngiris roti namun tidak sampai menghancurkan roti tersebut. Memiliki ukuran pisau yang lebih panjang dan bergerigi dibandingkan pisau-pisau lainnya.

Bread Knife sendiri dapat dibagi menjadi 2 jenis pegangan, yang pertama adalah Bread Knife dengan pegangan klasik sedangkan satunya adalah pegangan offset. Bread Knife dengan pegangan offset membuat koki dapat mengiris roti menjadi lebih mudah tanpa khawatir jari akan akan terkena alas potong. Singkatnya pegangan offset adalah pegangan yang lebih tinggi.

Utility Knife

Pisau dapur satu ini memang terlihat mirip dengan Chef's Knife, namun jika dilihat secara seksama akan terlihat jelas perbedaannya. Pisau ini memiliki bentuk yang lebih besar dari Paring Knife yakni pisau untuk memotong buah dan sejenisnya, namun ukuran Utility Knife ini lebih kecil daripada Chef's Knife.

Di dunia masak memasak, Utility Knife merupakan pisau dapur yang paling sering digunakan oleh para koki. Pisau ini merupakan pisau standar yang biasa digunakan untuk segala potongan ringan serba guna dari memotong sandwich sampai mengiris daging.

Chef's Knife

Sedikit lebih besar dari Utlity Knife di atas, Chef's Knife atau Pisau Koki ini adalah salah satu pisau dapur multiguna yang sangat sering digunakan untuk potong memotong. Namun tidak seperti namanya, saking popularnya, pisau ini tidak hanya digunakan oleh koki namun juga oleh banyak sekali orang. 

Di kehidupan sehari-hari pisau ini dapat digunakan untuk banyak sekali hal dimulai dari memotong, mengiris, membentuk potongan menyerupai kubus, hingga memotong bahan makanan sampai bentuk-bentuk yang kecil (biasanya sayuran).

Related

Tips 2299563655276604930

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item