Ini 10 Misteri Sains yang Belum Terungkap dan Bikin Bingung Ilmuwan (Bagian 1)


Naviri Magazine - Meski ilmu pengetahuan terus berkembang dan semakin maju, nyatanya tidak semua fenomena alam dan misteri sains bisa terjawab tuntas. Selalu ada misteri dan fenomena yang tak biasa, dan para ilmuwan kebingungan karena kesulitan menemukan jawaban di baliknya.

Di antara banyak misteri sains dan fenomena alam yang membingungkan, berikut ini adalah sepuluh di antaranya. Sampai saat ini, sepuluh misteri ini belum terjawab tuntas. Namun mungkin akan terungkap seutuhnya di masa depan.

Fenomena Hujan Darah di Kerala, India

Antara 25 Juli sampai 23 September 2001, muncul hujan aneh dengan warna air yang tidak biasa, yakni berwarna merah. Kejadian aneh dan mengerikan ini terjadi di bagian selatan negara bagian Kerala, India. 

Orang terkejut dan takut karena seperti terjadi hujan darah yang tercurah deras dari langit. Hujan darah ini terjadi secara sporadis di seluruh wilayah, dan ilmuwan bergegas ke tempat kejadian untuk menganalisis komposisinya.

Setelah air hujan itu diteliti, penemuan mengejutkan didapat. Partikel mikroskopis hadir dalam air, sama seperti yang terdapat pada sel darah manusia. Itu sebabnya air hujan berubah warna jadi mirip warna darah.

Namun penjelasan itu masih menjadi tanda tanya besar, apalagi pada saat bersamaan muncul berbagai analisa tentang kejadian aneh itu. Makin bingung ketika muncul lagi teori yang dihubungkan dengan meteorit dan kalelawar. 

Teori itu menyebutkan bahwa meteorit, yang telah melanda tak lama sebelum musim hujan mulai, telah bertabrakan dengan sekawanan kelelawar, dan menyemprot darah mereka ke atmosfir.

Mungkin teori yang paling ambisius datang dari ilmuwan Godfrey Louis dan Santhosh Kumar, dari Universitas Muhatma Gandhi, Kerala. Mereka berspekulasi bahwa sel-sel kontaminasi berasal dari luar bumi, dan bahwa mereka telah dibawa ke Bumi oleh meteorit. Louis dan Kumar mengatakan, sel memiliki "sifat yang tidak biasa".

Terbakarnya Manusia

Fenomena ini sangat langka dan tidak masuk akal, sementara teori ilmiah belum bisa memecahkan misteri kenapa orang tiba-tiba bisa terbakar tanpa ada yang membakarnya. Apa penyebabnya tidak diketahui sampai kini. 

Anehnya, bagian yang terbakar hanya bagian atas, sementara bagian kaki tidak. Itu sebabnya dalam banyak kasus aneh ini, korban yang tewas ditemukan masih memakai sandal.

Fenomena Lampu Aneh

Kesaksian-kesaksian dari orang yang selamat dari gempa bumi telah sering terdengar melaporkan adanya kilatan cahaya aneh yang melesat ke atas, bergulung-gulung di daerah sekitar episentrum gempa. Fenomena ini terakhir terjadi di kawasan Cina kuno, juga di Lincolnshire, Inggris, di mana orang mengaku melihat lampu aneh dan bola-bola cahaya yang terbang ringan.

Para ilmuwan telah berteori bahwa lampu ini merupakan hasil dari geo-pendaran, sebuah fenomena di mana sebenarnya batuan menghasilkan cahaya ketika dihadapkan pada tekanan ekstrem, dan bahwa cahaya itu hasil dari gesekan geologi.

Ball Lightning 

Fenomena listrik aneh berbentuk lingkaran ini biasanya terjadi selama badai dan berlangsung hingga tiga puluh detik. Aneh dan mengerikan. Kadang menyambar, mendesis, merambat di dinding bangunan, mengeluarkan suara-suara mengerikan. 

Pada masa lalu, orang kerap menghubungkan fenomena ini dengan kehadiran makhluk asing atau hantu. Banyak orang telah membuat laporan tentang adanya fenomena kilat berbentuk bola ini, termasuk Benjamin Franklin, namun sejauh ini tidak ada penjelasan yang memadai tentang fenomena itu.

Namun dengan kemajuan teknologi, adanya teknologi foto juga video, membuat para ilmuwan menaruh perhatian serius tentang fenomena kilat berbentuk bulat ini. Mereka pun mencoba mencari penjelasannya.

Saint Elmo's Fire

Saint Elmo's Fire digambarkan oleh para ilmuwan sebagai fenomena plasma. St Elmo adalah kebakaran yang disebabkan oleh ionisasi di atmosfer. Nama petir itu Saint Elmo -yakni santo pelindung para pelaut - karena pada awalnya fenomena itu muncul di atas geladak kapal, khususnya pada saat badai. Warnanya biru dan hijau.

Makhluk Penghisap Darah Ternak

Kisah ini muncul karena adanya ratusan ternak ditemukan tewas dalam keadaan terpotong-potong (mutilasi) di kawasan Amerika Selatan. Lalu muncul dugaan yang masih bersifat rumor bahwa penyebabnya adalah makhluk asing yang disebut chupacabras. 

Dalam dekade terakhir, kasus ini muncul lagi, di antaranya di Brasil, di mana ratusan ternak ditemukan tercabik-cabik. Yang unik dan menyeramkan, pada ternak yang sudah termutilasi itu hanya ditemukan sedikit darah. Sepertinya sebagian besar darah ternak ini telah dihisap oleh mahkluk aneh itu. Mirip seperti Dracula. 

Baca lanjutannya: Ini 10 Misteri Sains yang Belum Terungkap dan Bikin Bingung Ilmuwan (Bagian 2)

Related

Science 780756997639262876

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item