Pengharum Ruangan Ternyata Punya Potensi Bahaya untuk Kesehatan


Naviri Magazine - Jika ruangan terasa bau dan pengap, mungkin kita sering menyemprotkan pengharum ruangan di sekitar ruangan tersebut. Produk Pengharum semacam itu juga bisa ditemukan khusus untuk mobil, bus, kereta api, toilet, atau ruangan lain.

Di pasaran, pengharum ruangan juga bisa dalam bentuk apa saja, misal yang cair, gel, dan ada juga yang semprot. Penggunaannya juga ada yang hanya digantungkan, diletakkan, dan disemprotkan ke ruangan. Ya, kita memang sudah familier dengan pengharum seperti ini, tapi apakah kita tahu kalau penyemprot ini menyimpan bahaya? 

Hasil riset Natural Resources Defense Council (NRDC) AS menunjukkan, pengharum ruangan sintetis justru mengisi rumah dengan bahan kimia berbahaya. Produk ini sama sekali tidak menghilangkan bau atau aroma, tetapi menggunakan beberapa cara untuk membuat kita menyangka baunya sudah hilang.

Parahnya, bahan kimia sintetik tersebut dapat mengakibatkan asma, gangguan endokrin, gangguan produksi hormon dan testosteron, dan berbagai permasalahan kesehatan serius lainnya.

Hasil penelitian lain yang dipublikasikan dalam American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, menyebutkan, penggunaan pengharum dalam bentuk spray sangat meningkatkan penyakit asma.

Related

Health 7500218565393320392

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item