Ini 10 Pelajaran dan Hal Positif dari Pandemi Covid-19 yang Melanda Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Setiap hal yang terjadi memiliki 2 sisi yang harus kita perhatikan. Kebiasaan kita sebagai manusia adalah terlalu fokus pada satu sisi saja, sehingga melupakan sisi lainnya. Suatu kejadian buruk misalnya, orang hanya berpikir bahwa dirinya sedang bernasib sial dan pikiran negatif lainnya. 

Pada kasus pandemi Covid-19 yang melanda dunia, semua hal negatif kita tahu dan kita dibuat stres olehnya. Tapi pernahkah kita berpikir bahwa ada sisi positif yang bisa kita ambil dari pandemi yang disebabkan oleh virus Corona ini? 

Inilah sejumlah pelajaran dan hal positif yang bisa kita ambil dari pandemi Covid-19.

Pentingnya Investasi Pada Dunia Kesehatan

Banyak orang di dunia lebih memilih untuk berinvestasi pada suatu hal yang dianggap penting. Ekonomi, rumah, emas, tanah, atau apapun itu yang jelas terlihat dan bisa menghasilkan keuntungan. Coba kalian simak, berapa besar investasi yang sudah digelontorkan negara maju untuk bidang kesehatan? Sangat sedikit.

Bila dibandingkan dengan investasi dengan mencari planet hunian baru, seberapa luas luar angkasa, dan seberapa dalamnya Palung Mariana, investasi untuk dunia kesehatan masih kurang. Di masa pandemi Covid-19 ini, kita jadi paham bahwa dunia kesehatan juga perlu diperhatikan. Karena apabila ada pandemi berikutnya setelah Covid-19, kita bisa lebih siap.

Kemacetan Berkurang

Sejumlah negara yang padat penduduk akan mengalami masalah yang sama yakni macet. Semakin banyaknya penduduk yang menggunakan transportasi pribadi sementara jumlah jalan yang tidak bertambah akan memperbesar kemungkinan terjadinya kemacetan di jalan. Kita pun di Indonesia juga merasakan hal itu. Mau ada peraturan seperti apapun, kemacetan akan tetap ada.

Selama pandemi akibat virus Corona, salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini adalah dengan diam di rumah dan keluar apabila memang penting. Akibat dari berkurangnya aktivitas orang di luar rumah membuat jalanan pun semakin sepi. 

Jadi apabila kita mau selektif, kita bisa memilih-milih untuk keluar rumah atau tidak. Keluar rumah kalau memang itu hal yang penting saja. Misalnya seperti belanja keperluan hidup dan bekerja.

Lebih Peka Kebersihan

Sebelum munculnya pandemi Covid-19, kita harus akui bahwa kita sangat cuek terhadap kebersihan. Tangan menyentuh barang-barang yang kotor, tidak cuci tangan, jarang mandi, dan malas menggunakan masker. Setelah munculnya Covid-19, orang-orang baru sadar bahwa menjaga kebersihan adalah hal yang sangat penting.

Kunci agar terhindar dari Covid-19 selain menjaga kesehatan tubuh adalah menjaga kebersihan. Rajin cuci tangan sebelum dan sesudah makan, apalagi bila kalian menyentuh benda-benda umum yang kita tidak tahu barang tersebut sudah disentuh oleh siapa. Jalan ke luar rumah menggunakan masker dan jaga jarak apabila berbicara dengan orang agar tidak terkena cipratan liurnya.

Istirahat

Selama ini orang selau mengeluh bahwa 24 jam masih kurang untuk bisa melakukan banyak hal. Sibuk di kantor, sekolah, kuliah, pekerjaan rumah, olahraga, semuanya terasa butuh lebih dari 24 jam. Sebenarnya itu hanya alasan karena kalian tidak pintar dalam mengatur waktu saja. Semua orang memiliki waktu 24 jam yang sama tapi kenapa mereka bisa sukses?

Bagi yang sering mengeluh bahwa kurangnya jam istirahat karena kesibukan sehari-hari yang luar biasa padat, sekarang adalah waktu yang tepat bagi kalian untuk melampiaskan kekesalan kalian dengan bermalas-malasan di ranjang. Virus Corona memang merugikan, tapi dengan adanya virus tersebut, kita jadi punya waktu lebih banyak untuk istirahat di rumah.

Lapisan Ozon Pulih

Pemanasan global terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya karena menipisnya lapisan ozon. Lapisan ozon adalah lapisan yang berada pada ketinggian 20-35 km di atas permukaan Bumi. Fungsi lapisan ozon adalah tameng sinal ultraviolet dari Matahari. Apabila sinar ultraviolet ini tidak ditahan oleh ozon, maka akan sangat membahayakan bagi seluruh kehidupan di Bumi.

Baca lanjutannya: Ini 10 Pelajaran dan Hal Positif dari Pandemi Covid-19 yang Melanda Dunia (Bagian 2)

Related

Science 3371258549433770537

Recent

item