Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Membantu Awet Muda (Bagian 1)


Naviri Magazine - Anda adalah apa yang Anda makan. Meski mungkin terdengar klise, tetapi pepatah itu benar. Makanan yang baik akan mendukung tubuh memiliki kondisi yang baik, sebagaimana makanan yang buruk juga akan menggerogoti performa tubuh. 

Ada berbagai macam makanan di sekeliling kita, dan setiap orang punya hak untuk memilih dan mengonsumsinya. Namun, seperti yang disebut tadi, Anda adalah apa yang Anda makan.

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan masalah, yang paling umum adalah berat badan berlebih. Meski mungkin obesitas bisa dibilang telah umum karena dialami banyak orang, namun Anda perlu tahu bahwa lembaga kanker di Amerika memperkirakan masalah berat badan telah mengakibatkan 90.000 orang meninggal setiap tahun. Istilah “berat badan” mungkin terdengar sepele, tapi efeknya mengerikan.

Ada makanan yang buruk, begitu pula ada makanan yang baik. Di antara manfaat makanan yang baik tidak hanya menunjang kesehatan, namun juga dapat membantu Anda lebih awet muda. 

Yang dimaksud awet muda adalah memiliki penampilan fisik yang tampak lebih muda dari usia sebenarnya. Misalnya, jika Anda berusia 50 tahun, tampilan fisik Anda tampak masih berusia 40 tahun atau kurang. 

Jika Anda ingin senantiasa awet muda, makanan-makanan berikut ini bisa membantu mewujudkannya.

Bawang putih

Masalah umum yang biasa dialami orang yang menyantap bawang putih adalah bau mulut. Kenyataannya, bawang putih mengandung allicin, yaitu zat yang menyebabkan munculnya bau khas dari bawang tersebut. 

Namun, zat itu juga merupakan antioksidan yang sangat ampuh. Bawang putih juga menjadi pilihan para koki dalam menambah cita rasa pada masakan, tanpa menambah kalori.

Antioksidan adalah salah satu faktor utama dalam membantu Anda untuk awet muda. Bawang putih mengandung antioksidan tersebut. Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan lebih banyak hydrogen sulfide (senyawa antioksidan alami tubuh), mengendurkan pembuluh darah, dan melancarkan peredaran darah.

Dr. David W. Kraus, profesor biologi dari Universitas Alabama, yang menulis banyak artikel mengenai khasiat bawang putih, menyarankan untuk menghancurkan bawang putih terlebih dulu dan mendiamkannya selama 15 menit sebelum dimasak. Hal itu dilakukan agar khasiat bawang putih dapat berfungsi secara optimal.

Telur

Sebagian orang menyebut telur sebagai makanan kurang sehat, karena mengandung kolesterol. Meski begitu, bukan berarti telur tidak memiliki manfaat sama sekali. Sebaliknya, telur mengandung banyak khasiat. 

Dalam setiap butir telur terkandung 9 asam amino penting, dan 6 gram protein sehat. Telur juga mengandung lutein (zat yang membantu mencegah degenerasi makular, yaitu kondisi medis yang dialami orang dewasa dalam bentuk penurunan penglihatan karena kerusakan retina), zeaxanthin (zat yang baik untuk mata dan membantu mencegah katarak), dan choline (zat yang penting untuk otak dan sistem saraf). Telur juga termasuk makanan yang secara alami mengandung vitamin D (jarang sekali makanan yang didalamnya terkandung vitamin D).

Yang menarik, penelitian di Harvard School of Public Health menemukan fakta bahwa mengonsumsi telur tidak memiliki korelasi dengan serangan jantung. Hal itu bertolak belakang dengan anggapan umum sebagian orang yang menjauhi telur karena khawatir dengan kesehatan jantungnya.

Blueberry

Salah satu penyebab penuaan dini adalah stres, apalagi stres berkepanjangan. Jika Anda sering mengalami stres, bisa dibilang Anda akan cepat tua. Dalam hal itu, blueberry bisa dikonsumsi untuk mengatasi stres. Dalam blueberry terkandung pigmen yang merupakan penangkal stres.

Selain menangkal stres, pigmen dalam blueberry juga membantu otak dalam memproduksi dopamin, yaitu zat yang berguna dalam merangsang kebahagiaan, serta menguatkan ingatan dan koordinasi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi setengah cangkir blueberry setiap hari sangat efektif untuk memperbaiki penurunan ingatan dan koordinasi sel-sel saraf otak.

Tidak hanya blueberry, buah-buah berry lain seperti strawberry dan cranberry juga dapat membantu kulit Anda tampak bercahaya dan kencang. Selain itu, kandungan antosianin pada blueberry dapat berfungsi sebagai anti-ageing, antioksidan yang meningkatkan produksi vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bayam

Bayam terkenal sebagai makanan Popeye, tokoh kartun yang menjadi kuat setelah makan sayuran ini. Meski kita mungkin tidak akan sehebat Popeye, namun bayam memang memiliki manfaat, salah satunya dalam mendukung tubuh kita untuk awet muda.

Bayam adalah sayuran yang sarat antioksidan, serta mengandung zat sulforaphane, betakaroten, vitamin C, dan fiber, yang dapat memerangi kanker. Dalam penelitian ilmuwan di Australia, bayam juga diketahui dapat meningkatkan ingatan.

Baca lanjutannya: Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Membantu Awet Muda (Bagian 2)

Related

Health 4913846003246107979

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item