Kisah-kisah Cinta Terindah Sekaligus Tragis yang Tercatat dalam Sejarah (Bagian 1)


Naviri Magazine - Kita mengenal kisah Romeo dan Juliet, atau Sampek dan Engtay, sebagai kisah cinta yang menawan sekaligus tragis. Kisah-kisah itu ditulis sebagai cerita fiksi, namun sangat menyentuh hati. Dalam catatan sejarah, ada kisah-kisah cinta serupa, tapi benar-benar nyata.

Cerita-cerita ini dipaparkan secara turun-temurun, dan dikenal orang karena menyentuh hati. Sebagian dari kisah-kisah ini bahkan telah diangkat ke layar film. Berikut adalah sepuluh kisah cinta, sebagian indah dan sebagian tragis, yang tercatat dalam sejarah.

Annie Oakley dan Frank Butler

Film musikal Irlandia tahun 1940-an, yang berjudul “Annie Get Your Gun”, merupakan inspirasi dari kisah nyata Annie Oakley dan Frank Butler. Annie Oakley adalah seorang penembak. Pada tahun 1881, Baughman dan Butler mengadakan pertunjukan menembak di Cincinnati. 

Frank E Butler menantang para penembak lokal untuk beradu tembak. Namun Frank terkejut ketika tantangannya diterima oleh seorang wanita bernama Annie Oakley. Dalam pertarungan mereka, Butler kalah dan Annie memenangkan perlombaan menembak tersebut. 

Selain itu, Butler juga jatuh hati pada Annie dan akhirnya mereka menikah pada tanggal 20 Juni 1882. Frank kemudian pensiun dari menembak dan lebih fokus membangun rumah tangga bersama Annie. Annie akhirnya meninggal tahun 1926 dan Frank meninggal 18 hari kemudian.

Salim dan Anarkali

Pangeran Salim merupakan anak seorang kaisar Akbar (kaisar dari The Great Mughal) dan istrinya Mariam-uz-Zamani. Pangeran Salim, dikenal sangat amburadul dan tidak sopan, jatuh cinta pada seorang pelayan istana bernama Anarkali. 

Mereka berdua saling jatuh cinta, namun hal tersebut tidak direstui oleh ayahnya yang menganggap Anarkali sebagai wanita penggoda. Ayahnya kemudian mencari segala jalan untuk memisahkan anaknya dari Anarkali. 

Sang ayah kemudian mengirim pangeran Salim untuk sebuah tugas, dan ketika itu juga Anarkali dikuburkan hidup-hidup di tembok batu. Cerita ini membuat setiap pasangan menitikkan air mata ketika mendengarkannya.

Antony dan Cleopatra

Ini kisah cinta antar bangsa, antara Mark Anthoni yang tampan dari Romawi dan Pharaoh terakhir dari Mesir, yaitu Cleopatra. Kisah ini berlangsung sekitar tahun 31 SM. Kisah ini kemudian diceritakan lagi oleh penulis terkenal Shakespeare, yang membuat cerita ini terkenal di seluruh dunia. 

Mark Anthony diceritakan meninggalkan istrinya, Octavia, karena tergoda oleh kecantikan Cleopatra yang akhirnya dinikahinya. Saudara laki-laki Octavia, yaitu Octavian, kemudian menghancurkan mereka berdua dengan meminjam pasukan Romawi. 

Diceritakan, saat perang dengan Romawi, Mark Anthony mendapat kabar (yang ternyata kabar palsu) kalau Cleopatra terbunuh. Mark Anthony kemudian bunuh diri karena percaya berita itu. 

Cleopatra yang mendengar bahwa kekasihnya mati, akhirnya juga bunuh diri dengan racun. Cerita ini hampir mirip dengan kisah Romeo dan Juliet dari Verona, Italy.

Juan dan Evita Peron

Juan dan Evita Peron adalah pasangan Argentina sekitar tahun 1940-an. Evita merupakan istri kedua Juan, presiden Argentina. Evita menjadi ibu negara dari tahun 1946 sampai ia meninggal tahun 1952. 

Latar belakang Evita adalah seorang artis. Juan Dominggo jatuh cinta pada Evita muda dan menikahinya. Peran politik keduanya sangat berpengaruh sehingga dapat mengubah wajah Argentina, bahkan mereka dijuluki pasangan politik terbaik di era itu.

Evita akhirnya meninggal akibat kanker. Mungkin kita sempat mendengar lagu yang terkenal berjudul “Dont cry for me Argentina” yang dibawakan oleh Madonna. Saat itu Madonna memerankan Evita di video klipnya.

Tristan dan Isolde

Isolde adalah anak perempuan Raja Irlandia. Ia bertunangan dengan raja Mark dari Cornwall, namun sebenarnya ia jatuh cinta dengan Tristan yang merupakan kemenakan raja Mark. Perselingkuhan mereka bahkan berlanjut saat Isolde menikah dengan raja Mark. 

Akhirnya perselingkuhan ini diketahui oleh raja Mark, namun karena saking cinta sang raja pada istrinya, ia memaafkan istrinya. Akan tetapi sang raja mengusir kemenakannya dari Cornwall. 

Tristan akhirnya pergi ke Britanny dan tertarik dengan Iseult, karena namanya mirip Isolde. Mereka menikah, namun Tristan tidak dapat melupakan Isolde. Ini membuatnya jatuh sakit, dan menulis surat pada Isolde, dan berharap Isolde dapat mengobati luka hatinya. Apabila Isolde setuju ingin datang dan menemui Tristan, ia harus menaiki kapal berwarna putih. Apabila tidak, kapal harus berwarna hitam. 

Iseult, yang tidak ingin berpisah dengan Tristan, berbohong pada Tristan dengan mengatakan bahwa ia melihat kapal hitam. Tristan akhirnya meniggal dalam kesedihan sebelum Isolde datang menemuinya. Isolde pun akhirnya meninggal karena patah hati.

Baca lanjutannya: Kisah-kisah Cinta Terindah Sekaligus Tragis yang Tercatat dalam Sejarah (Bagian 2)

Related

Romance 6855491918051102430

Recent

item