Kisah Penemuan 7 Hal Penting di Dunia yang Ditemukan Tanpa Sengaja


Naviri Magazine - Ada banyak penemuan penting di dunia ini yang harus melewati banyak penelitian, yang kadang sampai bertahun-tahun. Benda-benda semacam listrik, mobil, pesawat terbang, semuanya melalui proses pencarian dan penelitian yang tekun dari para penemu atau penciptanya.

Namun, ternyata, ada pula benda-benda penting di dunia saat ini, yang ternyata ditemukan secara tak sengaja. Berikut ini di antaranya. 

Teh

Sekitar tahun 2373 SM, kaisar Shen Nung sedang merebus minuman panas. Tapi rupanya dia lupa menutup ketel air tersebut, sehingga tanpa sengaja angin meniup suatu daun di sekitar tempat tinggalnya, dan masuk ke dalam ketel tersebut. 

Pada saat sang kaisar mau mengambil minuman itu, rupanya daun itu sudah bercampur dengan minuman tersebut, dan mengeluarkan harum yang luar biasa, dan saat dicoba rasanya sangat nikmat. Sejak saat itulah teh mulai beredar di China.

Sandwich

Sekitar tahun 1700, seseorang bernama Earlof Sandwich sedang asyik dan sibuk bermain judi. Karena rasa cintanya terhadap judi, dia pun jadi malas meninggalkan arena tempat duduknya. 

Suatu kali dia merasa lapar. Tapi karena tidak mau beranjak dari tempak duduknya, dia memesan makanan, dan menyatukan pesanannya di antara 2 roti. Pesanan penjudi ini akhirnya dikenal sebagai sandwich, dan ditiru oleh rekan-rekannya.

Ban

Salah satu ilmuwan yang berusaha keras untuk mencari campuran yang pas untuk ban adalah Charles Goodyear. Tapi sayang usahanya sia-sia, sama dengan ilmuwan lainnya. Tapi tanpa sengaja, suatu saat dialah yang menemukan ban yang bisa tahan dengan segala kondisi, dan menjadi salah satu ban terkenal di dunia sampai saat ini. 

Suatu kali, saat Charles sedang beristirahat, dia tanpa sengaja menjatuhkan segumal karet dengan zat semacam sulfur secara bersamaan ke sebuah kompor panas ,dan rupanya karet ini bisa bereaksi dengan sulfur. 

Rupanya, saat diteliti lagi, karet yang bercampur dengan sulfur menjadi tahan panas dan juga tahan dingin. Berdasarkan hal inilah, akhirnya ban karet menjadi ban yang bisa tahan panas dan dingin. Dan ban yang ditemukan itu dikenal dengan nama Goodyear.

Sabun

Di suatu pabrik sabun, pada saat karyawannya istirahat, mereka lupa mematikan mesin pembuat sabunnya sehingga bercampur dengan udara. Karena sabunnya tidak terlihat beda, maka sabun itu langsung dipasarkan. Rupanya, di pasaran sabun ini menghasilkan busa, dan sangat disukai oleh para konsumen. Dan karena kesalahan itulah, sampai sekarang rata-rata sabun berbusa.

Microwave

Cerita bermula saat Spencer berjalan-jalan membawa cokelat di kantongnya. Pada saat dia berjalan melewati radiator yang sedang bekerja, rupanya cokelat itu meleleh. Kejadian ini membuat otak Spencer berputar dan mulai berinovasi. 

Berdasarkan kejadian itu, Spencer menemukan microwave yang pertama, yang beratnya 400 kg. Tapi tentunya semakin berkembangnya zaman, microwave semakin kecil.

Brownies

Kabarnya, terciptanya Brownies adalah karena “kecelakaan” alias lalainya sang pembuat kue dalam mengolah kue dan memasukkan baking powder. Sehingga kue cokelat yang hendak dibuatnya jadi bantat, seperti kue bolu yang bantat. Apa itu bantat? Bantat adalah tidak mengembang. 

Menurut situs The Amazing of Brownies, resep brownies pertama kali dipublikasikan tahun 1897 di Sears, Roebuck Catalogue. Dalam sejarah kuliner, brownies termasuk katagori cookie, kue kecil berbahan dasar tepung, rasanya manis, dengan tekstur lembut dan renyah.

Permen karet

Seorang bernama Thomas Adams sedang bereksperimen dengan chice, getah tanaman dari Amerika Selatan, sebagai pengganti karet. Setelah gagal berulang-ulang, penemu yang sedih tersebut memasukkan satu potong ke dalam mulutnya. Ternyata dia menyukainya. Sebagai akibatnya, Adams New York No. 1 menjadi permen karet yang diproduksi dalam jumlah besar pertama di dunia.

Related

Science 6821410670482163946

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item