Kunci Sukses Berbisnis di Internet (Bagian 2)

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya ( Kunci Sukses Berbisnis di Internet - Bagian 1 ). Untuk mendapatkan pemaham...


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kunci Sukses Berbisnis di Internet - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Ingat, internet adalah dunia maya, dimana kita tak pernah yakin dengan siapa kita sesungguhnya berhubungan. Agar tidak terjebak dalam tindak penipuan di internet, upayakan untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dan sejelas-jelasnya terlebih dulu menyangkut program apapun yang ingin kita masuki.

Memang ada kalanya orang berhasil dengan bisnis semacam itu. Ada orang-orang tertentu yang memang telah terbukti mampu memperoleh uang dan penghasilan besar melalui internet dan mereka terus menghasilkan uang dari sana. Hal itu terbukti dari begitu banyak website yang memberitakan atau mengiklankan hal itu. 

Namun jangan buru-buru terbujuk atau terburu nafsu dengan segala iming-iming itu, karena jika kita tidak berhati-hati ketika bergabung dengan program-program semacam itu, maka bukan tak mungkin kita malah akan kehilangan uang kita.

Di internet, penghasilan yang diperoleh dengan cara mengikuti suatu program tertentu biasanya disebut dengan istilah ‘uang panas’. Entah mengapa disebut seperti itu, namun ‘uang panas’ ini memang menggiurkan karena jumlah yang ditawarkannya relatif besar. 

Karena itu pula, banyak orang yang kemudian menjadi bernafsu untuk dapat memperolehnya dengan cara segera bergabung dengan suatu program tertentu yang ditawarkan oleh suatu iklan yang dibacanya di internet.

Nah, kalau memang sudah memutuskan untuk mengikuti suatu program tertentu di internet dan berharap memperoleh uang atau penghasilan sebagaimana yang ditawarkan, berikut ini adalah beberapa saran yang dapat dijadikan bahan untuk melangkah.

Keinginan untuk terus belajar

Dunia ini bergerak cepat, begitu pula dunia internet. Semuanya berpacu dengan amat cepat, dan pergerakan yang terjadi itu biasanya disebut sebagai ‘tren’. 

Apa yang dinamakan sebagai tren itu biasanya adalah sesuatu yang hangat, yang masih menjadi bahan pembicaraan atau mode masyarakat atau komunitas luas, dan tren ini pun bergerak dengan cepat—karena memang segalanya bergerak dan berubah dengan cepat.

Berdasarkan pemahaman atas hal tersebut, kita perlu memiliki hasrat yang kuat untuk terus belajar, menambah pengetahuan, agar pikiran dan wawasan kita selalu up to date dan tidak ketinggalan. Ketika memutuskan untuk berbisnis di internet, maka kita harus terus mengikuti laju perkembangan yang ada. 

Sekali kita tertinggal atau ketinggalan informasi yang bergerak dengan amat cepat ini, maka kita pun bisa benar-benar tertinggal—dalam arti kita akan kehilangan peluang yang mungkin dapat kita peroleh.

Seringkali keuntungan dibangun oleh peluang, dan peluang seringkali dipicu oleh adanya tren. Untuk tahu dan agar selalu tahu bagaimana perkembangan tren yang ada, kita harus terus memiliki keinginan dan hasrat yang kuat untuk terus belajar dan belajar.

Mengikuti milis bisnis online

Milis atau mailing list adalah ‘acara kumpul-kumpul’ dari suatu komunitas yang memiliki kecenderungan atau kecintaan yang sama terhada suatu hal atau suatu objek. Karena bersifat online, maka acara kumpulnya itu pun tidak di warung lesehan atau di suatu kantor atau di hotel, tetapi di suatu website di internet. 

Milis bisnis online, misalnya, adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang memang memiliki bisnis di internet atau orang-orang yang memiliki kecenderungan atau ketertarikan dalam bisnis di internet.

Topik yang dibicarakan atau didiskusikan dalam milis semacam itu pun tentunya akan seragam dan satu objek tertentu sehingga lebih fokus. Dalam hal ini milis bisnis internet, maka topik yang didiskusikan atau objek yang diobrolkan pun lebih terfokus pada segala hal menyangkut bisnis di internet.

Nah, kita akan memperoleh banyak manfaat dan juga sekaligus banyak pengetahuan baru jika bergabung dengan milis bisnis online ini, khususnya kalau kita memang telah bergabung dengan suatu jenis bisnis di internet. 

Dengan mengikuti milis ini, kita akan tahu tren apa yang sedang berkembang di internet, bisnis apa yang sedang booming di dunia maya, juga situs-situs apa yang saat ini menarik untuk dikunjungi. Pendeknya, dengan mengikuti milis ini, kita akan terus dapat meng-update wawasan kita, khususnya dalam hal dunia bisnis di internet.

Koreksi dan introspeksi kekurangan

Segala sesuatu akan menjadi lebih baik dan menuju kesempurnaan apabila melewati jalan koreksi yang berulang-ulang. Ketika pertama kali memutuskan untuk terjun dalam bisnis di internet dengan bergabung dengan suatu program tertentu yang ditawarkan di sana, kita mungkin masih awam dan benar-benar masih ‘hijau’ dalam hal itu. 

Namun, jika kita terus belajar dan belajar sekaligus bersedia untuk mengoreksi serta melakukan introspeksi untuk memperbaiki kualitas diri, maka perlahan namun pasti kita pun akan memiliki pengetahuan yang diperlukan dalam bisnis tersebut, bahkan tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi seorang ahli di bidang itu.

Baca lanjutannya: Kunci Sukses Berbisnis di Internet (Bagian 3)

Related

Internet 4630418502987978237

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item