Mengapa Bentuk Kawah di Bulan dan Planet Berbeda? Ini Jawabannya


Naviri Magazine - Pendapat umum mengatakan bahwa kawah di Bulan dan planet terbentuk oleh tabrakan asteroid. Namun, pertanyaannya adalah, mengapa beberapa kawah benar-benar datar [dangkal], sementara yang lain memiliki puncak sentral di dalamnya?

Menurut penelitian, perbedaan bentuk dan konfigurasi kawah di Bulan dan planet disebabkan oleh komposisi proyektil yang variatif. F. Pacheco-Vazquez dan J.C. Ruiz-Suarez dari Centro de Investigacion y de Avanzados Estudios, Mexico City, telah melakukan uji coba yang melibatkan proyektil. 

Proyektil tersebut terbuat dari material gumpal berbutir. Proyektil yang dikemas dengan longgar menyebar setelah tabrakan, dan menyebabkan kawah berbentuk mangkuk yang tertutup lapisan tipis proyektil. Sebaliknya, tabrakan proyektil padat menimbulkan puncak sentral di dalam kawah yang dihasilkan. 

Dengan uji coba tersebut, kedua ilmuwan itu menyatakan bahwa perbedaan konfigurasi kawah lebih terkait dengan komposisi asteroid daripada permukaan planet yang mereka tabrak.

Related

Science 221939237975907675

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item