Mengenal Macam-macam Memori yang Digunakan Komputer (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengenal Macam-macam Memori yang Digunakan Komputer - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

PC133 SDRAM

PC133 SDRAM ini memiliki kemampuan untuk melakukan transfer data sampai 1,6 Gbps. Ini tentu saja jauh lebih cepat kalau dibandingkan dengan kecepatan konvensional yang hanya mampu mencapai 800 Mbps. Kecepatan yang sampai dua kali lipat ini tidak menyebabkan perubahan radikal pada rekayasa motherboard. 

Pada awal tahun 2000, NEC mulai memproduksi contoh SDRAM 128 MB dan 256 MB yang menggunakan teknologi VCM atau Virtual Channel Memory. Dibuat dengan teknologi 0,18 mikron dan lay out sirkuit yang dioptimalkan dan menurut standar PC133 SDRAM, VCM SDRAM dapat beroperasi pada kecepatan yang tinggi.

Arsitektur VCM meningkatkan efisiensi bus memori dan juga kinerja teknologi DRAM. Caranya adalah dengan menyediakan satu set register statis yang cepat antara inti memori dan pin input-output atau I/O. Dampaknya kemudian adalah akses akan menjadi berkurang dan konsumsi dayanya pun akan juga berkurang.

DDR RAM

Memori DDR RAM atau Double Data Rate RAM adalah merupakan teknologi memori yang dapat menyediakan kinerja yang lebih baik. DDR RAM bekerja dengan cara mengaktifkan operasi output pada chip yang memungkinkan terjadinya kenaikan dan penurunan clock. Akibatnya tentu akan ada pelipatgandaan frekuensi clock tanpa harus meningkatkan frekuensi yang sebenarnya.

Direct RDRAM

Direct RDRAM ini merupakan hasil kolaborasi antara Intel dan sebuah perusahaan penghasil memori yang bernama Rambus dengan tujuan untuk mengembangkan sistem memori yang baru. 

Arsitektur Direct RDRAM merupakan arsitektur RAM yang benar-benar baru, dilengkapi dengan bus mastering atau yang dikenal dengan sebutan Rambus Channel Master dan jalus baru (Rambus Channel) antara device-device memori (Rambus Channel Slaves). 

Desain dasar dari memori tipe ini berjalan pada kecepatan 600 MHz. Kecepatan ini akan bertambah sampai 700 MHz pada iterasi kedua yang dikenal dengan istilah Concurrent RDRAM.

Kanal dari Direct Rambus meliputi sebuah pengendali dan juga satu atau lebih Direct RDRAM yang terhubung bersama-sama melalui common bus, atau bisa pula dihubungkan dengan prosesor mikro, pengolahan sinyal digital atau DSP, prosesor grafis dan ASIC atau Application Spesific Integrated Circuit. Pengontrol ini diletakkan pada satu sisi dan RDRAM didistribusikan sepanjang bus yang dipararelkan di sisi yang jauh.

Kanal dengan lebar dua byte ini menggunakan sinyal berkecepatan sangat tinggi untuk membawa semua alamat-alamat, data dan juga informasi pengendalian sampai 800 MHz. Teknologi pensinyalan tersebut dikenal sebagai ‘Logika Pensinyalan Rambus’ atau RSL.

Pada kecepatannya kemudian, kanal tunggal dapat memiliki kemampuan mentransfer data pada 1,6 Gbps dan kanal berganda dapat digunakan secara pararel untuk mencapai laju pentransferan sampai menjadi 6,4 Gbps. Arsitektur baru ini memiliki kemampuan untuk beroperasi pada sistem bus berkecepatan sampai 133 MHz.

Tentang memori Rambus

Rambus Inc memang terkenal sebagai salah satu produsen memori yang berkualitas. Setelah Intel menggunakan memori dari perusahaan yang satu ini, secara otomatis semua orang pun bertanya-tanya, siapa atau sesungguhnya Rambus tersebut? 

Popularitas Rambus menanjak seiring dengan peluncuran Pentium 4. Banyak orang yang masih belum tahu bahwa kiprah Rambus ini tidak terbatas pada bisnis memori komputer saja, tetapi juga dalam hal komponen televisi digital ataupun game tiga dimensi dengan performa yang tinggi.

Dalam hal memproduksi memori, Rambus memang ada di urutan terdepan dibanding para produsen memori lainnya. Produk-produk memorinya yang terpasang pada perangkat komputer bermerek banyak mendapatkan penghargaan atau award dari majalah-majalah komputer terkemuka semisal PC World ataupun PC Magazine.

Ada cukup banyak perusahaan yang memproduksi SDRAM dengan berdasarkan lisensi dari Rambus. Apa saja sebenarnya keistimewaan dari memori Rambus ini? Antara lain, yang perlu dikedepankan, adalah performanya yang tinggi, dan juga tidak memakan banyak tenaga listrik. 

Satu piranti RDRAM 800 MHz menawarkan sepuluh kali bandwith yang lebih baik dibanding memori SDRAM 66 MHz. Dengan chipset i850, terdapat dua saluran memori RDRAM yang memungkinkan dilakukannya transfer data dengan kecepatan 3,2 GB perdetik. 

Related

Technology 7592914454353123028

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item