Misteri Ketimun Pembunuh yang Menghantui Negara-negara Eropa


Naviri Magazine - Warga Jerman dan negara-negara Eropa lainnya pernah dihantui ketimun-ketimun pembunuh yang menewaskan sedikitnya 10 orang, dan membuat 1.000 orang lainnya sakit.

Dilaporkan BBC, ada 1.000 orang sakit setelah memakan ketimun yang ada di pasaran. 1.000 orang ini tersebar di 6 negara Eropa: Jerman, Denmark, Austria, Belanda, Swedia, dan Swiss. Kasus paling banyak terjadi di daerah Hamburg.

Setelah diteliti, ternyata ketimun-ketimun ini terinfeksi oleh bakteri E. Coli yang mengeluarkan racun Shiga. Bakteri ini menyebabkan sindrom hemolytic-uremic (HU) pada orang mengonsumsi makanan yang dihinggapinya. Belum jelas apakah bakteri ini hinggap dari asal sumbernya atau ketika ketimun-ketimun ini transit.

HU sendiri merupakan suatu kondisi serius dimana penderitanya mengalami gagal ginjal, kejang-kejang dan stroke.

Pihak Jerman mengatakan bahwa ketimun-ketimun pembunuh ini didatangkan dari Spanyol. Namun pihak Spanyol menolak klaim itu. Walaupun dipercaya 10 orang meninggal akibat bakteri ini, hanya 2 orang yang secara resmi diakui meninggal karena HU.

Sementara di Ceko, Otoritas Pertanian dan Pemeriksaan Makanan, Michal Spacil, melaporkan kepada AFP bahwa orang Jerman mengayakan ketimun-ketimun itu, juga didistribusikan ke Hungaria, Austria, dan Luxemburg.

Related

International 6208404766904547333

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item