Pentingnya Mengingat Garansi Pembelian Barang


Naviri Magazine - Ingatlah selalu untuk menanyakan garansi setiap kali Anda membeli barang-barang tertentu yang memang berkemungkinan memiliki jaminan garansi. Ini biasanya menyangkut barang-barang elektronik. 

Dengan adanya kartu jaminan garansi, Anda akan dapat menghemat banyak uang, karena terbebas dari biaya apabila terjadi kerusakan pada barang yang Anda beli, selama waktu garansinya belum habis. 

Rata-rata, untuk barang-barang elektronik, jangka waktu garansi adalah satu sampai dua tahun. Selama dalam jangka waktu tersebut, Anda akan terbebas dari biaya apabila terjadi kerusakan pada barang yang telah Anda beli.

Untuk barang-barang tertentu, biasanya yang tergolong mahal, jaminan garansi akan dibuktikan dengan adanya sebuah buku atau kartu garansi. Simpanlah kartu tersebut dan jangan sampai hilang, karena klaim garansi biasanya akan meminta ditunjukkannya kartu garansi sebagai bukti. 

Ada pula perusahaan tertentu yang meminta konsumen produknya untuk mengirimkan salinan kartu garansinya, sebagai semacam tanda bukti bahwa barang yang dibeli memang benar-benar asli.

Yang terkadang meragukan adalah barang-barang tertentu yang sebenarnya memiliki garansi, namun tidak disertai dengan adanya kartu garansi. Susahnya lagi, ada kalanya pemilik toko tidak menyebutkan adanya garansi atas barang tersebut apabila si pembeli tidak menanyakannya. Kasus seperti ini biasanya terjadi pada barang-barang elektronik tertentu, atau onderdil elektronik.

Kalau Anda membeli sesuatu yang kemungkinan memiliki garansi, jangan lupa tanyakan hal itu. Kalau pembelian Anda dilengkapi kartu garansi, simpan dan manfaatkan!

Related

Tips 3855751979469752728

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item