Pigasus Award, Penghargaan untuk Hal-hal Paling Tak Masuk Akal di Dunia


Naviri Magazine - Pigasus Award, yang dikeluarkan hampir setiap tahun, adalah penghargaan lucu-lucuan yang digagas oleh James Randi, seorang magician terkemuka, skeptik dan debunker fenomena paranormal. Sebagaimana digambarkan Randi, penghargaan ini diberikan kepada pelaku klenik dan pemalsu yang mengklaim kemampuan psikis tertentu, sihir, dan paranormal. 

Randi secara resmi memberikan penghargaan ini sejak 1982, dan ada kategori berbeda untuk “menghormati” jenis-jenis penipuan: ilmuwan yang mengatakan atau melakukan hal konyol terkait parapsikologi dalam dua belas bulan sebelum award diberikan, organisasi pendanaan yang mendukung penelitian parapsikologi paling tidak berguna sepanjang tahun, outlet media yang melaporkan fakta klaim paranormal yang paling keterlaluan, dan pemain "psikis" yang membodohi orang dengan jumlah terbanyak dalam jangka waktu dua belas bulan.

Penghargaan dengan piala berupa babi bersayap—dirancang oleh seniman Jerman, Jutta Degener, pada tahun 1996—ini awalnya disebut Uri Award, setelah Uri Geller pertama kali diumumkan dalam lampiran buku Randi, Flim-Flam! Dalam buku terbitan 1982 tersebut terdapat daftar penerima penghargaan pada tahun 1979, 1980 dan 1981.

Randi tidak mengeluarkan Uri Award selama beberapa tahun setelah lahirnya Flim-Flam! Baru pada tahun 1997, penghargaan tersebut dihidupkan kembali dan berubah nama menjadi "Pigasus." Randi mengumumkan penerima melalui e-newsletter SWIFT-nya, di mana ia mengatakan:

"Penghargaan ini diumumkan melalui telepati, pemenang diperbolehkan untuk memprediksi kemenangan mereka, dan piala Babi Terbang dikirim melalui psikokinesis. Kami mengirimnya; jika mereka tidak menerima, itu mungkin karena kurangnya bakat paranormal mereka."

Randi biasanya mengumumkan pemenang pada 1 April, bertepatan dengan April Mop. Namun, award ini tidak secara rutin diberikan setiap tahun.

Related

World's Fact 1342207812496855049

Recent

item