Tips Mengatasi Kantuk Saat Belajar (Bagian 1)


Naviri Magazine - Mengantuk itu manusiawi, karena siapapun terkadang mengantuk, baik karena kelelahan ataupun juga karena bosan. Mengantuk bisa terjadi pada siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Bahkan ketika menyetir di jalan raya pun orang terkadang juga mengantuk hingga mobil yang dikendarainya mengalami kecelakaan.

Mengapa orang bisa mengantuk? Secara ilmiah, mengantuk terjadi karena kurangnya oksigen yang masuk ke dalam otak. Jadi, secara mudahnya, orang mengantuk karena darah yang mengalir ke otak kurang lancar, sehingga darah tidak menjadi optimal dalam membawa oksigen bagi otak, yang mengakibatkan otak tak lagi bisa “menyala” karena kekurangan oksigen. 

Nah, mengantuk juga bisa terjadi ketika seseorang sedang belajar, baik ketika sedang belajar sendiri di rumah ataupun ketika sedang belajar di kelas. Mengantuk yang sesekali terjadi tentu saja bisa dimaklumi. 

Tetapi jika setiap kali belajar selalu saja mengantuk, hal semacam itu tentu perlu diantisipasi. Ada kalanya pula orang mengantuk ketika sedang belajar, padahal besok pagi dia harus ujian. Bagaimana mengatasi keadaan semacam itu?

Tip berikut ini akan memberikan resep dalam hal mengatasi kantuk selama belajar, sehingga kamu akan selalu merasa segar ketika sedang belajar.

Duduklah dalam posisi tegak

Membaca atau mempelajari buku sambil menyandar, apalagi kalau posisinya hampir seperti orang tiduran, biasanya akan cepat membuat orang mengantuk. Begitu pula ketika orang membaca atau menulis dengan posisi menunduk, atau sangat menunduk, juga akan cepat membuat orang merasa lelah dan mengantuk. Mengapa? 

Karena ketika posisi tubuh tidak lurus dalam waktu yang cukup lama, maka pembuluh-pembuluh darah yang terhubung ke otak akan mengalami penyempitan sehingga suplai oksigen ke otak akan jadi terhambat.

Ingat, mengantuk disebabkan karena kurangnya suplai oksigen yang dibawa darah ke otak. Karenanya, agar otak selalu dalam keadaan segar dan agar tidak mudah mengantuk adalah dengan cara duduk dalam posisi yang tegak. 

Dengan cara begitu, maka pembuluh darah akan terus lancar melaksanakan tugasnya dalam menyuplai oksigen ke otak, sehingga otak pun akan terus dalam keadaan segar.

Tentu saja yang dimaksud duduk tegak di sini bukanlah tegak yang kaku, yang malah akan membuat kita cepat lelah. Yang dimaksud di sini, hindarilah posisi yang terlalu membungkuk atau terlalu menyandar dalam waktu yang lama. Sesekali tentu saja boleh membaca buku sambil menyandar, atau sesekali membungkuk ketiga sedang menulis, tetapi setelah itu duduklah kembali dalam posisi yang tegak. Dengan cara begitu, aktivitas belajar pun akan lebih lancar karena kantuk akan jarang datang.

Minumlah air

Ketika rasa kantuk menyerang, kamu bisa mengatasinya dengan mengambil segelas air, dan kemudian minumlah. Rasa haus terkadang tidak terasa ketika kamu sedang asyik belajar, tetapi tubuh yang kekurangan cairan akan membuatmu cepat lelah dan mengantuk. Karenanya, minumlah untuk kembali menyegarkan tubuhmu.

Kamu bisa memilih air minum yang adem, dingin ataupun yang hangat, sesuai selera atau kesukaanmu. Ada orang yang sangat menyukai minum air es, tetapi ada pula yang justru “takut” dengan minuman dingin karena membuatnya terserang pilek. Karenanya, kamu bebas memilih—minum yang dingin atau yang hangat—selama kamu tahu minuman itu akan membantu menyegarkan tubuhmu.

Lakukanlah aktivitas yang lain

Kantuk bisa saja timbul karena rasa bosan. Karenanya, bisa saja orang mengantuk karena perasaan bosan, meski otaknya masih mendapatkan suplai oksigen yang cukup. 

Orang terkadang menguap dan merasa mengantuk ketika mendengarkan atau menghadapi sesuatu, tetapi kemudian kantuknya itu akan hilang ketika tak lagi menghadapi sesuatu itu. Mengapa ini bisa terjadi? Rasa bosan itulah jawabannya.

Karenanya, bisa saja kamu mengantuk selagi belajar, karena munculnya rasa bosan di dalam dirimu. Ketika mempelajari sesuatu yang mengasyikkan, mungkin kamu tahan belajar hingga tiga atau empat jam. Tetapi ketika mempelajari sesuatu yang sulit, atau yang tidak kamu sukai, kamu jadi merasa cepat lelah dan mengantuk padahal baru belajar satu jam.

Baca lanjutannya: Tips Mengatasi Kantuk Saat Belajar (Bagian 2)

Related

Tips 1518237488577965531

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item