Tips Meningkatkan Motivasi Belajar agar Tidak Malas-malasan (Bagian 1)


Naviri Magazine - Ada banyak hal yang dapat memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu, termasuk dalam hal belajar. Siswa yang rajin belajar biasanya didorong oleh suatu motivasi yang kuat, baik motivasi internal ataupun motivasi eksternal. 

Motivasi internal adalah motivasi yang lahir dari dalam diri orang itu sendiri. Misalnya seorang siswa menjadi rajin belajar karena berkeinginan menjadi juara pertama di kelasnya, atau menjadi siswa terbaik di sekolahnya. 

Karena didorong oleh hasratnya untuk menjadi yang terbaik itulah kemudian dia pun rajin belajar, tak peduli ada yang memintanya ataupun tidak. Dia digerakkan dan dimotivasi oleh dirinya sendiri, oleh hasratnya sendiri. Dia menyadari bahwa pengetahuan adalah bekal terbaik bagi kehidupannya, dan karena itulah kemudian dia pun rajin belajar.

Sedang motivasi eksternal adalah motivasi yang datang dari luar orang itu. Misalnya, seorang siswa jadi rajin belajar setelah dijanjikan akan dibelikan sepeda motor baru oleh orang tuanya jika bisa menjadi tiga besar di kelasnya. Karena dimotivasi oleh iming-iming tersebut, siswa itu pun jadi rajin belajar dengan harapan dapat menjadi tiga besar—meski bisa saja yang dia inginkan hanya sepeda motor itu. 

Motivasi eksternal bisa juga tumbuh karena pergaulan. Misalnya, seseorang yang biasa bergaul dengan orang yang rajin belajar biasanya juga akan ikut terpengaruh untuk juga rajin belajar.

Apapun motivasi yang menggerakkan seseorang untuk menjadi rajin belajar tentu sah-sah saja, selama motivasi itu bernilai positif. Lebih dari itu, motivasi yang menggerakkan orang untuk melakukan sesuatu memang bisa saja berlainan antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Nah, bagaimana cara untuk dapat menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar? Motivasi belajar tidak akan tumbuh dan terbentuk jika orang tidak memiliki keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Karenanya, dibutuhkan kondisi-kondisi tertentu, agar orang yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi.

Berikut ini adalah beberapa tip untuk dapat menumbuhkan serta meningkatkan motivasi belajar. 

Bergaul dengan orang yang rajin belajar

Kalau kita bergaul dengan orang yang suka bermain bola basket, misalnya, cepat ataupun lambat kita pasti akan ketularan permainan itu. Bisa jadi kita pun akan ikut menyukai basket, bahkan menjadi pemain basket, meski pada awalnya kita sama sekali tidak menyukai dan tak bisa bermain basket. Pergaulan dan keakraban dengan seseorang selalu memberi pengaruh, tak peduli itu baik ataupun buruk. 

Begitu pula halnya bergaul dengan seseorang yang rajin belajar. Kalau kamu bergaul dengan orang yang selalu rajin belajar, mau tak mau kamu pun akan terpengaruh olehnya. Pada awalnya mungkin kamu hanya sekadar mengagumi kawanmu yang terlihat berwawasan luas, atau selalu menjadi juara kelas, tetapi pada akhirnya kamu pun akan ikut rajin belajar setelah makin lama bergaul dengannya.

Lebih dari itu, kamu juga pasti akan merasa tidak nyaman kalau bergaul akrab dengan seseorang tapi sering tidak nyambung kalau diajak ngomong. Dari situ, biasanya, kamu pun jadi termotivasi untuk juga rajin belajar, dengan harapan agar bisa mengimbangi kawanmu yang pintar itu.

Bergaul dengan orang-orang pintar yang rajin belajar biasanya juga mampu menumbuhkan motivasi, karena semangat mereka dalam hal pencapaian prestasi juga akan ikut membakar semangatmu sendiri. 

Belajarlah tentang apa pun

Ada kalanya seseorang menjadi suntuk atau bosan belajar karena yang dipelajarinya hanya itu-itu saja dari waktu ke waktu. Membaca buku pelajaran sekolah itu baik, tetapi membaca buku di luar pelajaran sekolah juga baik. Karenanya, jangan membatasi diri dalam hal belajar. Bacalah buku tentang apa saja, pelajarilah segala hal yang memungkinkan, karena proses itu akan membuat pikiranmu selalu segar.

Baca lanjutannya: Tips Meningkatkan Motivasi Belajar agar Tidak Malas-malasan (Bagian 2)

Related

Tips 924184671643018652

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item