Apa Perbedaan Motherboard dan Mainboard? Ini Penjelasannya

Naviri Magazine - Motherboard adalah piranti tempat semua komponen komputer terpasang, papan rangkaian komputer tempat semua komponen elekt...


Naviri Magazine - Motherboard adalah piranti tempat semua komponen komputer terpasang, papan rangkaian komputer tempat semua komponen elektronik komputer terangkai. Motherboard biasanya menjadi tempat prosesor, BIOS, memory, interface storage, serial dan pararel port, slot tambahan, dan seluruh piranti yang berhubungan dengan device periferal. 

Periferal device misalnya monitor, mouse, keyboard, dan disk drive. Motherboard adalah salah satu perangkat utama pada komputer. Pada motherboard inilah perangkat-perangkat tambahan lainnya dipasangkan. 

Sedangkan Mainboard adalah istilah lain yang biasa digunakan untuk menyebut motherboard, yaitu papan rangkaian utama pada komputer, tempat prosesor, memori, dan periferal-periferal lainnya terpasang. 

Selain Motherboard dan Mainboard, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

External Modem

Modem yang terletak di luar PC, dan dihubungkan ke PC dengan menggunakan kabel pada port.

External Storage 

Alat penyimpanan data di luar memori utama komputer, misalnya disk. 

External Symbol Dictionary 

Daftar dari simbol-simbol eksternal berikut alamatnya yang dibawa serta, sehingga editor penggabungan dapat memisahkan program untuk dijadikan acuan.

Extract 

Mengembalikan file kompresi ke ukuran semula.

Eyedropper Tool

Tool untuk melakukan seleksi warna. Dengan bantuan eyedropper, pengguna bisa melihat komposisi warna di satu titik gambar.

E-Zine

Singkatan dari Electronic Magazine atau majalah elektronik, yaitu suatu media majalah atau bacaan yang dapat diakses secara online di internet. 

Facebook 

Situs social networking yang diluncurkan pada Februari 2004, dan didirikan oleh Mark Zuckerberg. Pada awalnya, keanggotaannya dibatasi hanya untuk siswa dari Harvard. Kemudian, banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan secara berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Saat ini Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar di dunia.

Facility Assignment 

Fasilitas penempatan memori dan peralatan eksternal yang dibutuhkan oleh program pada saat dieksekusi. 

Facility Length 

Bagian dari format paket data yang berfungsi ketika pengguna meminta fasilitas, misalnya karena panggilan masuk tidak diperbolehkan. 

Facsimile

Alat pengirim dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan saluran telepon. Pengiriman bisa dilakukan apabila pengirim dan penerima sama-sama mengaktifkan mesin ini. 

Fading 

Gangguan saluran transmisi, terutama pada sistem gelombang mikro ketika sinyal-sinyal yang dikirim melalui berbagai jalur ke penerima mengalami perubahan karena kondisi atmosfir. 

Failure 

Pernyataan yang menunjukkan bahwa alat terkait tidak berjalan dengan semestinya. Suatu keadaan dimana komputer tidak mampu menjalankan perintah.

Faksi

Dalam dunia game, faksi adalah golongan yang terdiri dari beberapa kelompok ras, dan biasanya dalam sebuah faksi terdapat dua golongan ras yang bertentangan, yaitu golongan baik dan jahat, yang dapat dimainkan oleh pemain.

Fan

Kipas yang berfungsi untuk mendinginkan suhu di dalam CPU. Sebuah perangkat yang menggunakan motor untuk menggerakkan udara pada komputer atau sistem elektronik lainnya. Pada umumnya, fan digunakan untuk mendinginkan prosesor, chipset kartu grafis, chipset motherboard, atau ruangan casing PC.

Fanfold Paper 

Jenis kertas yang dipakai untuk mencetak keluaran proses komputer. Sering pula disebut continous form. 

FAQ

Singkatan dari Frequently Asked Question, yaitu kumpulan pertanyaan sekaligus jawaban yang sering ditanyakan oleh pengguna. FAQ biasa dijumpai dalam berbagai macam layanan di internet. 

Hampir semua homepage dan newsgroup yang bagus memiliki FAQ untuk memperkenalkan kepada pembaca atau pengunjung baru atas masalah hangat yang ada di tempat mereka dalam bentuk jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum yang sering dikemukakan. 

Far End Crosstalk 

Crosstalk yang terjadi dalam rangkaian komunikasi yang bergerak ke arah yang sama, dan dianggap sebagai sinyal dalam rangkaian tersebut. 

FARNET 

Nama perusahaan nonprofit yang bertujuan meningkatkan pemakaian jaringan komputer sebagai pendorong peningkatan pendidikan dan penelitian. 

Related

Technology 8076802303897232948

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item