Bisa Berbahaya, Ini 10 Makanan yang Sebaiknya Tak Diberikan Pada Kucing (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Bisa Berbahaya, Ini 10 Makanan yang Sebaiknya Tak Diberikan Pada Kucing - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Tulang

Di film-film kartun, sering kita melihat kucing sangat suka tulang, terlebih lagi tulang ikan. Perlu kalian tahu bahwa film kartun tersebut mengajarkan hal yang salah mengenai kucing. Jika kalian punya kucing, jangan biarkan kucing kalian sampai memakan tulang. Tulang ikanpun juga sebaiknya jangan.

Meski tidak beracun, tulang merupakan salah satu makanan yang sebaiknya jangan diberikan pada kucing. Struktur tulang yang keras membuat pencernaan kucing sulit untuk mencernanya. Hal ini bisa mengakibatkan luka pada usus si kucing. Tulang juga bisa membuat kucing menjadi tersedak.

Alkohol

Sudah banyak berita yang mengatakan bahwa mengkonsumsi alkohol itu tidak bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Jika manusia saja dianjurkan untuk tidak minum minuman yang mengandung alkohol, maka begitu juga dengan hewan. Apalagi jika itu adalah kucing. Alkohol diketahui dapat memberikan efek negatif pada kucing.

Pada hewan terutama, kucing yang memiliki tingkat toleransi terhadap alkohol yang sangat rendah, hanya sedikit saja alkohol, maka bisa berdampak negatif pada mereka. Alkohol bisa membuat kucing mengalami masalah pencernaan, diare, stres, koordinasi tubuh yang buruk, dan kesulitan bernapas.

Kismis dan Anggur

Anggur dan kismis adalah 2 jenis makanan manusia yang enak. Anggur sering dijadikan snack ketika sedang lapar sedangkan kismis sering ditemukan pada kue. Karena ukurannya yang kecil dan nampak tidak berbahaya, banyak orang menggunakan anggur dan kismis sebagai snack bagi hewan peliharaan. Padahal 2 makanan ini justru sangat tidak dianjurkan diberikan pada hewan, terutama kucing.

Kucing dikenal sangat suka dengan apapun dan pasti akan memakan apapun, jika di rumah kalian ada buah anggur dan juga kismis, sebisa mungkin jauhkan 2 makanan tersebut dari jangkauan si kucing. Hanya sedikit saja, anggur dan kismis dapat membuat ginjal kucing menjadi tidak bisa berfungsi dengan normal.

Tuna

Tidak jauh berbeda dengan tulang, ikan tuna juga makanan yang amat disukai kucing. Apalagi jika melihat di film kartun, ikan tuna selalu saja menjadi incaran kucing. Jangan berpikir karena ikan tuna sangat disukai oleh kucing maka makanan ini aman untuk dikonsumsi. Pikiran itulah yang membuat kenapa makanan ini sangat berbahaya bagi kucing.

Ikan tuna, terlebih lagi tuna dalam kaleng, bisa memberikan masalah yang sangat serius bagi kucing peliharaan. Meski kucing sangat suka ikan tuna, ikan tuna justru tidak memiliki vitamin dan mineral yang cukup untuk kucing. Terus menerus memberikan kucing ikan tuna bisa mengakibatkan kucing kekurangan tiamin dan keracunan merkuri.

Jeruk

Mengandung mineral dan vitamin C, jeruk menjadi salah satu buah favorit bagi banyak orang. Vitamin C dalam jeruk bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuat kita menjadi sulit diserang penyakit. Tapi bagi kucing, jeruk malahan bisa membawa masalah yang sangat serius bila dimakan.

Semua bagian jeruk seperti batang, daunm kulit, buah, dan bijinya itu sangat berbahaya untuk kucing. Semua bagian jeruk tersebut mengandung asam sitrun yang berbeda kandungannya.Asam sitrun ini bisa mengakibatkan iritasi dan merusak sistem saraf kucing.

Related

Food 6171673361652656543

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item