Hewan-hewan dan Tumbuhan di Dunia Nyata yang Jadi Inspirasi Pokemon (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Hewan-hewan dan Tumbuhan di Dunia Nyata yang Jadi Inspirasi Pokemon - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Vileplume - Rafflesia Arnoldi

Salah satu bunga langka berukuran besar yang ada di Indonesia yakni Rafflesia Arnoldi ternyata juga menjadi sumber inspirasi untuk menciptakan sosok monster dalam Pokemon. 

Rafflesia Arnoldi merupakan bunga yang memiliki ukuran sangat besar. Ciri khas lain dari bunga tersebut adalah aromanya yang menyengat seperti bangkai. Tidak heran kenapa bunga ini dinamakan bunga bangkai.

Rafflesia Arnoldi inilah yang menjadi sumber inspirasi diciptakannya Pokemon bernama vileplume. Bentuk vileplume dengan Rafflesia Arnoldi sama persis. 

Sebagai tambahan juga, Pokemon vileplume ini juga dapat mengeluarkan aroma tak sedap yang menjadi serangan andalannya. Bangga ya tanaman asal Indonesia ini bisa dijadikan sebuah karakter dalam film Pokemon.

Magikarp - Yellow Rockfish

Tidak semua monster di dunia Pokemon itu berguna. Dari sekian banyak Pokemon bagus, pasti ada saja terselip beberapa Pokemon yang tidak berguna. Sebut saja nama magikarp. Pokemon berbentuk ikan ini adalah salah satu contoh dari sekian banyak Pokemon tidak berguna. Benar-benar tidak memiliki kemampuan serang untuk melukai musuh.

Di dunia nyata, sosok magikarp tersebut bisa kalian jumpai jika kalian bepergian ke Samudra Pasific sebelah Timur, California, dan Alaska. Ikan yelloweye rockfish ini memiliki usia yang bisa mencapai 114 atau 120 tahun. Seiring bertambahnya usia, tubuh yelloweye rockfish bis aberubah warna. Merah ketika muda, oranye ketika dewasa, dan kuning ketika sudah tua.

Caterpie - Eastern Tiger Swallowtail Caterpillar

Kalian yang pernah menonton film Pokemon masih ingat tidak dengan momen betapa takutnya Misty dengan sosok caterpie. Caterpie yang merupakan Pokemon milik Ash ini memiliki bentuk persis dengan ulat. Dengan bentuk yang mirip dengan ulat, jelas saja membuat takut dan jijik Misty. Apalagi mengingat perempuan sangat takut dengan yang namanya serangga.

Pokemon caterpie ini ternyata mengambil wujud dari ulat sungguhan yang bernama Eastern Swallowtail Caterpillar. Tentu saja sebagai ulat pastinya sangat suka tinggal di pohon. Eastern Tiger Swallowtail Caterpillar merupakan ulat yang banyak ditemukan di Amerika Serikat. Ketika berwujud ulat memang mengerikan, tapi tunggu ketika dia sudah berubah menjadi kupu-kupu.

Poliwag - Kecebong

Karakter poliwag sendiri juga mengambil ide dari sosok hewan di dunia nyata. Sebelum membahas hewan apa yang menjadi inspirasi poliwag. Coba kita lihat dulu ciri-ciri dari poliwag. Poliwag memiliki ciri-ciri tubuh bulat, kecil, dengan gambar spiral di bagian tubuhnya. Tidak lupa juga bahwa poliwag memiliki wajah yang imut.

Di dunia nyata, sosok poliwag ini bisa kita temukan pada hewan kecebong. Kecebong merupakan salah satu fase hewan sebelum menjadi seekor katak. Memiliki ekor panjang, serta bagian dalam tubuhnya yang transparan, berbentuk spiral. Perbedaannya adalah kecebong tidak memiliki wajah seimut poliwag.

Kabuto - Horseshoe Crab

Monster bernama kabuto memiliki ciri-ciri memiliki tubuh berukuran besar dimana tubuhnya ditutupi oleh tempurung besar berwarna coklat. Di dalam cerita Pokemon, sosok kabuto ini merupakan Pokemon yang misterius. Sama misteriusnya dengan Pokemon aerodactyl. Menurut perkiraan, kabuto seharusnya sudah punah 300 juta tahun yang lalu.

Bentuk kabuto dalam film Pokemon ini mengingatkan kita dengan sosok hewan yang disebut dengan horseshoe crabs. Merupakan hewan jenis arthropod yang tidak memiliki tulang belakang. Horseshoe crab biasanya hidup di daerah laut dangkal atau daerah yang berlumpur. Sesekali muncul di pantai ketika musim kawin tiba.

Related

Entertaintment 7965221596836095175

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item